Ceng Beng Bawa Berkah Bagi Warga Damar Pulo

Suasana Ceng Beng di Perkuburan Tionghoa Damar Pulo Desa Pematang Biara Kecamatan Pantai Labu.

Deliserdang, Lintangnews.com | Pelaksanaan Ceng Beng atau ziarah kubur bagi etnis Tionghoa tiap tahunnya tampak begitu ramai, seperti di terlihat di Perkuburan Tionghoa Damar Pulo Desa Pematang Biara, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Minggu (31/3/2019).

Sejumlah penziarah  tampak sibuk menyiapkan peralatan dan perlengkapan sembahyang Ceng Beng tersebut. Tak hanya itu, puluhan warga sekitar juga ramai mendatangi perkuburan tersebut.

Beberapa warga sekitar mulai dari orang dewasa maupun anak usia Sekolah Dasar (SD) berbaur pada pelaksanaan Ceng Beng tersebut. Kedatangan warga itu menawarkan jasa untuk menjaga parkir mobil para penziarah dan menjual bambu lingkaran untuk ritual pelaksanaan Ceng beng.

Saat ditemui awak media, Danu(10) pelajar SD lagi asyik menjajakan bambu lingkarannya di perkuburan tampak tersenyum. Ini karena bambu lingkarannya banyak dibeli para penziarah.

Danu yang ditemani temannya mengaku, sudah 2 tahun ini menjual bambu lingkaran di perkuburan itu. Menurutnya, bambu lingkaran itu dibuatkan abang nya untuk dijual kepada penziarah.

“Uangnya untuk tambahan biaya sekolah dan uang jajannya. Satu buah bambu lingkaran kami jual antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Lumayan lah bang, uangnya untuk jajan dan sekolah. Lagi pula ini hanya setahun sekali,” ungkapnya.

Sementara itu warga lainnya, Anto mengatakan, Ceng Beng membawa berkah bagi warga sekitar. Karena ada yang menjual bambu, membantu penziarah dan menjaga parkir mobil.

“Alhamdulil lah pendapatan kami banyak. Mungkin hari H nanti pada tanggal 3 dan 5 April lebih banyak yang penziarah yang datang,” ujar Anto bertugas menjaga parkir kendaraan. (idris)