Direktur PT TPL Bantah Isu Perambahan Hutan

Direktur PT TPL, Jandres H Silalahi didampingi beberapa pejabat dan staf senior perusahaan.

Toba, Lintangnews.com | Direktur PT Toba Plup Lestari Tbk (TPL), Jandres H Silalahi didampingi beberapa pejabat dan staf senior perusahaan menghadiri syukuran, serta penandatanganan berita acara serah terima pembangunan jalan hotmix sepanjang 700 meter menelan biaya sebesar Rp 2 miliar di Desa Pintu Bosi, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Jumat (18/6/2021).

Dalam sambutannya, Jandres menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan Pemkab Toba dan jajarannya terkhusus Pemerintahan Desa (Pemdes) Pintu Bosi pada PT TPL dalam upaya perjalanan perusahaan sebagai pabrik penghasil pulp (bubur kertas) yang mengemban visi dan misi ‘tumbuh dan berkembang bersama masyarakat’.

Dia menuturkan, PT TPL dalam perjalanan usahanya tetap berkomitmen membantu dan mendukung masyarakat dalam upaya pembangunan dan peningkatan taraf hidup ekonomi masyarakat.

“PT TPL siap berkontribusi dalam upaya membangun dan pengembagan Sumber Daya Masyarakat (SDM) dalam berbagai program kegiatan, serta dukungan untuk pembangunan sarana lainnya dalam upaya mendukung peningkatan taraf hidup perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Terkait adanya tudingan miring dari beberapa kalangan dan kelompok masyarakat yang menyebar isu tutup PT TPL, merusak jalan dan perambahan hutan, Jandres menyampaikan, hal itu tidak benar dan hoax.

“Justru PT TPL berupaya membuat dan membangun yang belum ada menjadi ada untuk kepentingan masyarakat luas,” ungkapnya.

Jandres juga membantah tudingan pt TPL merusak dan merambah hutan, karena perusahaan memiliki Hak Pengelolaan Hutan Tanaman Industri (HPHTI) secara resmi dan legal dari pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) yang saat ini luasnya 46.000 hektar.

“Walaupun demikian, perusahaan dalam memenuhi kekurangan kebutuhan bahan bakunya membeli dari luar Sumatera Utara seperti dari Jambi, Pekanbaru, dengan ketentuan peraturan sesuai hukum dan selebihnya menggunakan lahan masyarakat melalui aturan dan ikatan kerja sama dengan sistem bagi hasil,” katanya.

Usai menyampaikan sambutannya, Jandres menandatangani berita acara serah terima pembangunan jalan hotmix diikuti Manager Estate Habinsaran, Tigor Manalu. Ini setelah sebelumnya berita acara lebih dulu ditandatangani Kepala Desa (Kades), Hendri Pangaribuan diikuti Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Pintu Bosi Arnod Pagaribuan dan disaksikan tokoh masyarakat, Torhap Pangaribuan.

Sebagai sebagai penghargaan masyarakat dan Pemdes Pintu Bosi, Jandres perwakilan manajemen perusahaan menerima cenderamata berupa ulos sebagai ungkapan terima kasih pada PT TPL. (Aldy)