Diresmikan Gubsu, Proyek Balai Kartini Tebingtinggi masih Tahap Pengerjaan

Gedung Balai Pertemuan Kartini Kota Tebingtinggi.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Ada hal  menarik dan sedikit aneh atas peresmian sejumlah bangunan pemerintah di Kota Tebingtinggi oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi saat meresmikan 4 unit bangunan baru milik Pemko Tebingtinggi, Rabu (30/1/2019) lalu.

Bagaiaman tidak, ternyata proyek Gedung Balai Pertemuan Kartini Tebingtinggi di Jalan Gunung  Leuser BP 7 Kecamatan Rambutan masih terus dikerjakan, Jumat (8/2/2019). Padahal, proyek itu disebut Wali Kota, Umar Zunaidi Hasibuan senilai Rp 34 miliar  bersumber dari APBD Tebingtinggi.

Melihat proyek itu sedang tahap pekerjaan, terkesan jika peresmiannya ‘menggelabui’ Gubsu untuk penandatanganan prasasti dan warga atas program yang dibiayai keuangan negara itu.

Padahal, peresmian itu ditandai dengan penandatanganan batu prasasti serta pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumut, Nawal Lubis Edy Rahmayadi di halaman kantor Balai Kota Jalan Sutomo.

Keempat gedung baru berbiaya puluhan miliar rupiah yang dibangun secara bertahap multi years dari dana APBD Kota Tebingtinggi itu masing-masing Masjid Agung dan gedung Islamic Centre di Jalan Gunung Leuser, Gedung Balai Pertemuan Kartini di Jalan Gunung Leuser serta Gedung Balai Kota di Jalan Sutomo.

Edy Rahmayadi mengatakan, sejak dulu posisi Tebingtinggi merupakan ‘Kota Penghubung’ yang letaknya strategis dan potensial untuk dijadikan sebagai kota besar.

Gubsu menuturkan, setidaknya ada 2 kawasan ekonomi yang apabila hendak menuju kesana pasti melewati Tebingtinggi, yakni Pelabuhan Kuala Tanjung dan pabrik peleburan aluminium PT Inalum serta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.

Dalam pantauan, hingga hari ini proyek Balai Kartini itu masih terus dalam pekerjaan dan menjadi sorotan tajam masyarakat banyak. Salah seorang warga,Pak Maria meminta agar proyek itu digunakan tepat waktu sesuai nota kesepakatan atau MoU dengan pihak panitia tender.

Jarang di Tempat

Kepala Bidang (Kabid) Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemko Tebingtinggi, Nasrin ketika dikonfirmasi atas pengerajaan proyek Gedung Balai Pertemuan Kartini diketahui jarang di tempat. Keterangan dari para staf di Dinas PU, jika Nasri lagi berada di luar. (purba)