Disebut Persediaan Air Bersih 3 Kecamatan di Taput untuk 50 Tahun akan Teratasi

Peninjauan ke lokasi jaringan pipa transmisi air baku di Dusun Tapian Nauli, Desa Situmeang Habinsaran.

Taput, Lintangnews.com | Proyek Pembangunan jaringan pipa transmisi air baku yang anggarannya bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kecamatan Sipoholon, Tarutung dan Siatas Barita mendapat sambutan baik dari Bupati, Nikson Nababan.

Hal itu dsampaikan saat melakukan kunjungan ke lokasi proyek yang dimulai dari Dusun Tapian Nauli, Desa Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipoholon didamping  pimpinan perusahaan PT Karya Sulur Saroha, Joko Simanjuntak, Selasa (24/8/2021).

“Ketersediaan air bersih untuk 50 tahun kedepan akan bisa teratasi dengan dibangunnya proyek pipa transmisi penyediaan air baku untuk 3 Kecamatan saat ini. Kemungkinan akan ada lagi di beberapa titik proyek sesuai dengan permohonan yang pernah kita ajukan tahun 2017 lalu ke Presiden melalui Kementerian terkait,” ujarnya.

Sementara itu, Joko Simanjuntak menyampaikan, proyek pembangunan jaringan pipa transmisi air baku ini kemungkinan akan bisa rampung paling lambat bulan Desember 2021, yang meliputi bangunan intake berlokasi di Aek Butar Dusun Tapian Nauli Desa Situmeang Habinsaran.

“Jaringan pipa transmisi sepanjang 13,2 Km dimulai dari intake di Sipoholon , sampai ke bangunan bak penampung berlokasi di Tangsi Tarutung,” paparnya.

Dia menjelaskan, jalur pipa dari intake akan melintasi wilayah Kecamatan Sipoholon meliputi Dusun Tapian Nauli Desa Situmeang Habinsaran-Desa Situmeang Hasundutan-Desa Simanungkalit. Selanjutnya akan melintasi wilayah Kecamatan Tarutung meliputi Desa Hutauruk-Desa Sirajaoloan-Desa SimamoraKelurahan Hutatoruan X-Kelurahan Hutatoruan VI.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim), Budiman Gultom menjelaskan, jenis pipa transmisi yang digunakan saat ini adalah High Density Polyethylene (HDPE) 400 mm dan GIP.

“Kita juga akan bangun bak penampung (reservoar) sebanyak 2 unit. Ini berlokasi di Dusun Tapian Nauli, Kecamatan Sipoholon dan Tangsi, Kelurahan Hutatoruan VI, Kecamatan Tarutung,” terangnya.

Budiman menjelaskan, pengambilan air untuk air baku (intake) berasal dari Sungai Aek Butar yang debit andalannya sebesar 372 liter /detik.

“Sementara target suplai air bersih adalah 100 liter/detik, maka kondisi ketersediaan air memungkinkan proyek ini akan mampu menjawab kebutuhan air bersih untuk warga di 3 Kecamatan,” tegasnya. (Pembela)