Disnaker Sumut dan Asahan Belum Terima Laporan Kecelakaan Kerja di Kebun BP Mandoge   

Kecelakaan kerja (ilustrasi) dan Asisten APK Kebun BP Mandoge, Mashudi.

Asahan, Lintangnews.com | Kejadian kecelakaan kerja pada hari libur terjadi di Afdeling 7 PTPN IV Kebun Bandar Pasir Mandoge, sehingga salah seorang pekerja bernama Ucok Manuntun Sihotang mendapat perawatan medis di Rumah Sakit (RS) Balimbingan.

Ternyata diketahui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Provinsi Sumatera Utara dan Disnaker Pemkab Asahan belum ada menerima laporan atas kejadian itu.

Kepala Bidang (Kabid) Penindakan dan Mediasi Disnaker KAsahan, Hermansyah mengatakan, pihaknya belum menerima laporan atas kejadian kecelakaan kerja di Kebun BP Mandoge.

“Belum ada laporan kami terima terkait kecelakaan kerja di Kebun BP Mandoge,” kata Hermansyah pada lintangnews.com, Selasa (7/12/ 2021).

Hermansyah juga menjelaskan,  terkait kejadian kecelakaan kerja itu bukan bagian Disnaker Asahan, melainkan pengawasan dari Disnaker Sumut. “Kami hanya dapat menyelesaikan masalah apabila terjadi adanya perselisihan, upah dan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK),” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pengawasan dari Disnaker Sumut, Syaiful dikonfirmasi mengatakan, pihaknya juga belum juga ada menerima laporan. “Sampai sekarang belum ada laporan yang saya terima terkait kecelakaan kerja. Biasanya kalau sudah ada laporan, kami langsung turun kelapangan untuk melakukan pengecekan,” ujarnya.

Sebelumnya Manajer Kebun BP Mandoge, Agustian Herianto melalui Asisten APK, Mashudi membenarkan ada kecelakaan kerja di Afdeling 7 saat karyawan bekerja pada waktu libur kerja, Minggu (5/12/2021).

“Kejadian ini akan kami laporkan ke Disnaker,” kata Mashudi, Senin (6/12/2021). (Heru)