DPRD Sergai Gelar Rapat Paripurna Pengangkatan dan Pemberhentian Bupati-Wakil Bupati 

Foto bersama usai rapat paripurna DPRD Kabupaten Sergai.

Sergai, Lintangnews.com | Ketua DPRD Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Muhammad Riski Ramadhan Hasibuan pimpin rapat paripurna dalam rangka pengumuman usulan pengangkatan dan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sergai di gedung paripurna DPRD, Selasa (26/1/2021) sore.

Turut hadir, Sekretaris Dewan (Sekwan), Suprin, para Wakil Ketua DPRD, Bupati dan Wakil Bupati Sergai terpilih periode 2021-2024, Darma Wijaya-Adlin Tambunan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Sekretaris Daerah (Sekdak), M Faisal Hasrimy, Kakan Kemenag, Zulkifli Sitorus, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sergai, Agusli Matondang, para Asisten, anggota dewan dan undangan lainnya.

Sedangkan Bupati Sergai, Soekirman dan sejumlah anggota DPRD lainnya mengikuti rapat paripurna secara virtual.

Riski Ramadhan menyampaikan, kegiatan ini sesuai dengan surat Gubernur Sumatera Utara Nomor 130/289 Tanggal 19 Januari 2021 tentang pengesahan dan pengangkatan serta serah terima jabatan menerangkan, DPRD Kabupaten/Kota untuk melaksanakan rapat paripurna.

Selanjutnya berdasarkan hasil sidang pleno KPUD Sergai Nomor 44/PK 01-BA/1218/KPU-Kab/I/2021. Keputusan KPU Sergai nNmor 43/PL.02, 7-Kpt/1218/KPU-Kab/I/2021tanggal 21 Januari 2021. Surat Pencitraan Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia Nomor 165/PAN.MK/01/2021 tanggal 20 Januari 2021 perihal keterangan perkara PHP-Gub/Kab/Kota tahun 2021 yang diregistrasi di MK beserta lampirannya pada tanggal 20 Januari 2021.

Kemudian surat KPUD Sergai nomor 026/PL.02.2- SD/1218/KPU-SB/2021 tentang penyampaian dokumen-dokumen penetapan Pasangan Calon Terpilih Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

Sedangkan Bupati terpilih, Darma Wijaya, didampingi Wakil Bupati, Adlin Tambunan menyampaikan, apa yang dilaksanakan saat ini dapat memberikan akses positif bagi perkembangan dan kemajuan demokratisasi, serta mampu memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Sergai.

“kami berdua mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Sergai telah memberikan dukungan dan amanah ini. Semoga kepercayaan yang diberikan itu dapat menjadi penyemangat, agar kami bisa mengabdi dengan kualitas yang prima,” ujarnya.

Selama 1 periode mendatang, lanjut Darma, pihaknya akan berupaya mewujudkan Sergai yang maju terus yaitu ‘Mandiri Sejahtera dan Religius’ sebagai visimisi  yang telah disampaikan dalam kampanye tim Dambaan (Darma Wijaya-Adlin Tambunan) beberapa waktu lalu.

Diketahui ada 5 butir visi misi Dambaan, yakni :

  1. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas sehat unggul, Beriman dan Bertaqwa (Imtaq), dengan pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).
  2. Menyelenggarakan pelayanan publik dengan tata kelola pemerintahan daerah yang bersih dan baik ( clean and good governance) sesuai dengan hukum dan ketentuan yang berlaku.
  3. Meningkatkan potensi ekonomi kerakyatan berdaya saing, dengan titik berat pada pertanian kelautan dan perikanan, peternakan pariwisata usaha mikro kecil dan menciptakan iklim investasi yang kondusif, sehingga berpotensi membuka lapangan pekerjaan baru, sekaligus sebagai upaya mengatasi keterpurukan ekonomi di saat dan setelah pandemi wabah Covid-19.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana infrastruktur dengan pemanfaatan sumber daya yang ada di desa Kabupaten, Provinsi dan Pusat yang terintegrasi dengan sektor-sektor lainnya.
  5. Melakukan pemberdayaan masyarakat di berbagai aspek dan meningkatkan ketersediaan fasilitas sosial fasilitas umum dan ruang publik untuk seluruh lapisan masyarakat termasuk anak-anak perempuan dan kelompok difabel.

Dijelaskan Darma, nantinya visi misi itu akan dituangkan menjadi program kerja 1 periode kepemimpinan. Selanjutnya akan diuraikan menjadi program kerja tahunan. Darma menuturkan, pihaknya memerlukan sumbang saran untuk bisa menjalani program kerja tahunan tersebut.

“Masukan dan arahan dari pak Soekirman yang nantinya akan menjadi pinisepuh Sergai sangat kami perlukan pengalamannya menjadi referensi untuk kemajuan pembangunan Sergai,” imbuhnya.

Sedangkan para anggota DPRD juga mempunyai pokok-pokok pikiran dewan sebagai hasil proses maupun inisiatif yang akan menggabungkan program kerja tahunan Pemkab Sergai.

“Masukkan ini tentunya relevan dengan berbagai kebutuhan pembangunan di tengah-tengah masyarakat. Sebab anggota DPRD juga mempunyai tugas yang sama beratnya dalam rangka menyusun rencana pembangunan dalam jangka pendek maupun dalam jangka,” kata Darma mengakhiri. (TS)