Dukung Inpres, Kapoldasu Berikan Arahan Percepatan Penanganan Covid-19 di Simalungun

Kapoldasu, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak saat memberikan keterangan pers.

Simalungun, Lintangnews.com | Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Pol RZ Panca Putra memberikan arahan percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Simalungun, bertempat di aula Mako Brimob Kompi 2 Yon B Kota Siantar, Senin (9/8/2021).

Informasi diperoleh, kegiatan itu dalam rangka menindak lanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Republik Indonesia, Joko Widodo terkait 5 daerah di luar Pulau Jawa yang diwaspadai peningkatan kasus infeksi Covid-19. Salah satunya adalah Provinsi Sumatera Utara.

Dalam arahan Kapoldasu menyampaikan, unsur pemerintah bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan stake holder harus dapat bekerja sama dalam menekan mobilitas masyarakat.

Caranya dengan meminimalisir kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan keramaian dan perkumpulan. Termasuk menghindari kegiatan di dalam ruangan dan dilakukan secara out dor atau di luar ruangan.

“Mari dukung Tim Tracing Polres yang sudah disiapkan agar dapat maksimal dalam melalukan 3T yaitu tracing (pelacakan), tracing (pemeriksaan dini) dan treatment (perawatan),” imbuh Kapoldasu.

Irjen Pol Panca menyampaikan, Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak terdepan pelaksanaan tracer, didukung Satuan Intelkam dengan sinergi data yang valid dan cepat.

Kapoldasu berharap, agar pemerintah daerah (pemda) menyediakan tempat isolasi terpadu tambahan, dengan didukung tenaga kesehatan (nakes) agar masyarakat yang menjalani isolasi mandiri mendapatkan perawatan maksimal. Selain itu, juga berharap agar vaksinasi dapat berjalan dengan cepat.

“Satgas Covid-19 harus mampu memetakan tempat-tempat yang menjadi penyebaran Covid-19. Juga melakukan analisa, serta terapkan cara bertindak yang tepat guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tegasnya. (Rel/Zai)