Empat Orang Pasien Positif Virus Corona di RSUD Perdagangan

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Simalungun, JR Saragih memberikan keterangan pada wartawan.

Simalungun, Lintangnews.com | Dari hasil pemeriksaan tim medis RSUD Perdagangan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, terdapat 4 orang pasien terindikasi positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) atau Virus Corona.

Dari jumlah itu, 3 orang berasal dari Kabupaten Simalungun berisial SS dan NS (suami istri), TJS merupakan menantu dari almarhum HP dan AS warga Aek Natolu, Kabupaten Toba.

Keempat pasien itu merupakan hasil pemeriksaan kesehatan dengan menggunakan rapid test, pemeriksaan paru dan hasil laboratorium.

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, JR Saragih didampingi Dandim 0207/Simalungun, Letkol Inf Frans Kisin Panjaitan, Sekda, Mixnon A Simamora, Kadis Kominfo, Wasin Sinaga, Kadis Kesehatan, Lidya Saragih, Kala BPBD Rizal EP Saragih dan Dirut PDAM Tirta Lihou, Betty Sinaga, bertempat di Posko Tanggap Darurat Coronavirus Disease (Covid-19) Kabupaten Simalungun Jalan Asahan Kecamatan Siantar, memberikan, penjelasan terkait perkembangan Covid-19 di wilayahnya, Sabtu (4/4/2020).

Dikatakan JR Saragih, pasca adanya warga yang positif Covid-19, pihaknya menurunkan tim kesehatan ke wilayah asal pasien yang positif Covid-19 untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi tmasyarakat. Sehingga cepat diketahui perkembangannya dan hal ini juga salah satu upaya untuk memutus perkembangan Covid-19.

Bupati juga menyampaikan, sudah memerintahkan kepada Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Simalungun untuk melakukan pendataan dan memberikan bantuan bagi warga yang kurang mampu.

Selain itu, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) telah disampaikan untuk membagikan vitamin kepada masyarakat agar mereka tetap sehat. Sedangkan PDAM Tirta Lihou juga sudah disampaikan agar mengirimkan air bersih ke Nagori Bangun Pane, Kecamatan Dolok Massagal, agar tidak terjadi kontak langsung masyarakat untuk mengambil air di bak umum.

“Mudah-mudahan dengan hadirnya alat pemeriksaan kesehatan seperti rapid test, swab, maupun alat pendukung kesehatan lainnya, kita dapat sesegera mungkin melakukan deteksi dini pada masyarakat,” ujar Bupati.

JR Saragih juga menyampaikan, Pemkab Simalungun terus memberikan himbauan pada masyarakat untuk tetap menahan diri di rumah, rajin cuci tangan, serta tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat. (Rel/Zai)