Empat Rumah Terbakar di Hutatoruan IX saat Penghuni Tertidur Pulas

Kondisi 4 unit rumah yang terbakar di Desa Hutatoruan IX.

Taput, Lintangnews.com | Kalimat ‘masih beruntung’ itu muncul dari beberapa warga sekitar Jalan Rangkean Sipapagan, Kelurahan Hutatoruan IX, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), saat terjadi peristiwa kebakaran rumah yang dihuni Alex Pasaribu (40), Harman (34), Sudarsono (40) dan Suparman (60) Minggu (25/10/2020) dini hari.

Pasalnya, peristiwa kebakaran rumah kontrakan yang dihuni keempat keluarga itu terjadi saat mereka tidur pulas. Beruntung tidak ada korban jiwa dan seluruh keluarga masing-masing selamat.

Kapolres Taput, AKBP Jonner Samosir melalui Kasubbag Humas, Aiptu W Baringbing menuturkan, awalnya kebakaran diketahui Alex Pasaribu, dimana saat api mulai menyala, dirinya mencium asap, sehingga terbangun.

“Saat korban terbangun, melihat bagian belakang rumah api sudah menyala. Melihat itu, lalu korban membangunkan semua anggota keluarganya dan membawa keluar. Lalu berteriak meminta tolong dan membanguni para tetangga,” sebut Aiptu W Baringbing.

Tetangga Alek segera menyelamatkan keluarga masing-masing dan warga sekitar pun berdatangan menolong para orban.

Rumah kopel permanen milik Meriana Lumbantobing itu pun dengan cepat hangus, karena api dengan cepat menjalar. Berselang setelah 35 menit, mobil pemadam kebakaran (damkar) Pemkab Taput tiba di lokasi kejadian dan api pun baru bisa dipadamkan.

“Korban jiwa atas kebakaran itu tidak ada, namun kerugian materil diperkirakan sebesar Rp 400 juta. Saat ini Tim Inafis kita masih melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mengetahui penyebab kebakaran,” sebut Aiptu W Baringbing. (Gihon)