Hadiri Peresmian Kantor FKUB, Bupati Sampaikan Harapannya

Bupati Asahan, Surya menandatangani prasasati peresmian kantor FKUB Asahan.

Asahan, Lintangnews.com | Bupati Surya membuka Rakorda ke X Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Asahan, sekaligus peresmian kantor yang terletak di Jalan Taufan Gama Simatupang, Kelurahan Sei Renggas, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Selasa (27/7/2021).

Pada peresmian itu, Ketua FKUB Asahan, Humaidy Syamsuri Pane mengucapkan terima kasih pada Bupati Asahan yang telah berkenan hadir sekaligus membuka Rakorda ke X.

Dia mengatakan, FKUB Asahan dalam melaksanakan tugas, siap berkorban, baik itu waktu, tenaga, pemikiran, financial dan perasaan, untuk mewujudkan Asahan yang rukun dan kondusif.

“Kami juga yakin, jika semua elemen bersatu, tidak ada persoalan yang tak dapat kita selesaikan di Asahan,” ungkap Humaidy.

Bupati Surya, pada pidato tertulisnya mengatakan, FKUB Asahan merupakan miniatur Kebhinekaan Tanah Rambate Rata Raya.

“Saya berharap, tidak ada satu pun yang ditinggalkan ataupun dipinggirkan. FKUB hendaknya menjadi tenda bangsa dan daerah yang mengayomi semua umat beragama dari beragam kelompok, maka komitmen harus tertanam kuat dalam kesadaran para tokoh dan aktivis FKUB Asahan di semua tingkatan,” ujarnya.

Surya juga mengatakan, pemerintah daerah mendukung agar peran-peran FKUB Asahan semakin optimal dalam menyampaikan nilai-nilai moderasi beragama. Moderasi beragama merupakan pilihan yang tepat dan selaras dengan jiwa Pancasila di tengah adanya gelombang ekstremisme di berbagai belahan dunia.

“Saya berharap agar melalui Rakorda ini, nantinya dapat melahirkan rumusan-rumusan visioner dan rencana-rencana program strategis untuk meneguhkan nilai-nilai moderasi dan toleransi beragama. Juga dapat juga menjadi ajang dialog atas berbagai permasalahan yang masih mengganjal dan menemukan jalan keluar yang konstruktif bagi kerukunan antar umat beragama

Mengakhiri pidatonya, Bupati mengucapkan selamat dan sukses atas penggunaan kantor FKUB Asahan yang baru dan penyelenggaraan Rakorda.

“Semoga dengan adanya gedung yang baru ini dapat menjadi stimulan para anggota FKUB Asahan dalam bekerja, guna menjaga kerukunan umat beragama,” papar Bupati mengakhiri. (Heru)