Hujan Deras, Angin Puting Beliung Terjang Batubara, 40 Rumah Warga Porak Poranda

Rumah warga yang rusak berat akibat angin puting beliung.

Batubara, Lintangnews.com | Sebanyak 40 unit rumah rusak akibat diterjang angin puting beliung disertai hujan deras yang melanda Desa Benteng Jaya Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batubara, Senin (22/7/2019) subuh.

Angin puting beliung yang menerjang Desa Benteng Jaya itu juga didiami Ketua DPRD Batubara, Selamat Arifin, jika puluhan rumah rusak. Atap rumah warga berterbangan hingga belasan meter.

Menurut penuturan warga, kejadian angin puting beliung ini terjadi saat hujan lebat pada malam hari menjelang subuh. Saat itu warga sedang enak-enaknya beristirahat.

“Kejadiannya persis pukul 04.00 WIB, kami lagi tidur pulas. Karena ada petir yang kuat, kami tersentak, dan terdengar suara gemuruh. Atap rumah terbang, kami dan anak-anak basah kena hujan pak,” ujar Budianto salah seorang warga desa yang menjadi korban.

Kondisi rumah warga yang terbuat dari kayu banyak yang roboh. Sementara bangunan yang terbuat dari batu bahagian atap dan rabungnya terbang.

Masih menurut penuturan warga, rumah yang yang menjadi korban porak poranda diterjang angin puting beliung diantaranya milik Sugeng, Swandi, Oppung Muksin Pasaribu, Penjel dan Sukini.

Kepala Desa (Kades) Benteng Jaya, Sugiat, yang dihubungi melalui telepon seluler mengatakan jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan ada sejumlah 40 unit dengan kerugian mencapai sebesar Rp 500 juta.

“Ada 40 unit rumah yang mengalami kerusakan, baik itu rusak ringan sampai rusak berat, dengan kerugian mencapai Rp 500 juta,” kata Kades.

Kepala Dinas Sosial Pemkab Batubara, Bahrumsyah mengatakan, Senin (22/7/2019) akan ada rapat di Sekretariat untuk penanganan korban puting beliung iTU.

“Sesuai tupoksi, Dinas Sosial hanya menangani dampak sosial kejadian ini. Sementara penanganan langsungnya menjadi urusan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” kata Bahrumsyah.

Juru bicara Lintas Elemen Masyarakat Batu Bara (LEM-BB), A Syahuri Nainggolan, mengatakan, prihatin dengan bencana alam puting beliung di Desa Benteng Jaya.

“Kita menghimbau agar masyarakat, khususnya Pemkab Batubara segera memberikan bantuan kepada para korban angin puting beliung,” kata Nainggolan.

Pantauan di lapangan, terlihat beberapa dermawan dengan sukarela menyalurkan sumbangan beruapa seng, kayu dan semen kepada para korban. (wellas)