Ibu-Ibu dan Wanita Usia Subur di Pantai Labu Ikuti Pemeriksaan IVA Test

Pemeriksaan IVA test yang dilaksanakan di Kecamatan Pantai Labu.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Ratusan ibu-ibu dan wanita usia subur se-Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Senin (1/8/2022) mengikuti IVA test (inspeksi visual dengan asam asetat) yang dilaksanakan Pemerintahan Kecamatan (Pemkec) setempat melalui program TP PKK Kecamatan.

“Ini merupakan program kita yang selaras dengan program dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Deli Serdang untuk mendeteksi dini kanker mulut rahim atau kanker serviks,” kata Ketua PKK Kecamatan, Nurbaity Rahmad Azahar.

Menurutnya, kanker serviks adalah satu dari sekian banyak jenis kanker yang kerap menyerang wanita. Dengan melakukan deteksi sejak dini, peluang kesembuhan kanker serviks dapat meningkat.

“Ada beberapa cara untuk mendeteksi kanker serviks, salah satunya dengan melakukan IVA test atau pemeriksaan IVA,” sebut Nurbaity.

Dia menambahkan, pemeriksaan IVA test ini dikhususkan buat wanita usia subur atau wanita yang masih aktif seksnya. Intinya  IVA test dilakukan untuk mendeteksi secara dini kepada ibu-ibu di Pantai Labu apakah ada gejala kanker mulut rahim atau kanker serviks.

“Ini juga demi kesehatan para ibu-ibu. Kami berharap, para ibu -ibu maupun wanita usia subur di Pantai Labu dapat memanfaatkan pemeriksaan IVA test demi kesehatannya,” tukas Nurbaity.

Pemeriksaan IVA test didampingi Ketua PKK masing-masing Desa. Sementara tenaga kesehatan (nakes) dari Bidan Puskesmas Pantai Labu. (Idris)