Iklan Rokok Dipasang di Jalinsum Balige Resahkan Pengguna Jalan

Iklan rokok yang dipasang di badan Jalinsum Balige.

Tobasa, Lintangnews.com | Masyarakat bermohon supaya Pemkab Toba Samosir (Tobasa) menindak tegas iklan rokok yang dapat merusak generasi penerus Bangsa Indonesia yang berserakan di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

“Kita tidak tau apakah iklan rokok yang dipasang di pinggiran Jalinsum Kota Balige sudah mendapatkan ijin dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Pemkab Tobasa, tutur salah seorang warga, F Hutasoit, Rabu (23/1/2019).

Menurutnya, iklan merupakan sarana memperkenalkan satu produk. Namun jika dilihat anak di bawah umur akan terobsesi dan memanfaatkan apa yang terpasang di iklan tersebut.

“Selain itu, mengapa pemasangan iklan berada di badan jalan. Ini dapat mengganggu pengguna jalan. Seandainya sudah mengantongi ijin, pihak perijinan perlu merevisinya, ” kata Hutasoit.

DPMPPTSP Pemkab Tobasa, melalui Kasi, Siska Hasibuan menjelaskan, hingga saat ini yang mereka tau pemasangan iklan salah satu rokok belum memiliki ijin. “Pemberitahuan kepada kami tidak ada,” kata Siska.

Terkait pembongkaran, Siska menuturkan, perlu mengikuti prosedur, dengan terlebih dulu menyurati perwakilan perusahaan yang memasang iklam di Tobasa sampai 3 kali. Namun hingga kini pihaknya belum mengetahui perwakilan perusahaan itu dan masih menelusurinya.

“Mengapa hingga kini tidak kita bongkar, karena harus ada pemberitahuan kepada pemilik iklan. Lagian kita tidak punya dana untuk pembongkaran, sebab tak ditampung dalam anggaran,” kata Siska.

Dia menilai, seharusnya yang melakukan penindakan pembongkaran papan iklan adalah pihak Satpol PP, sehingga harusnya bertanya kepada DPMPPTSP. (asri)