Ini Tujuan Dinas Perpustakaan Tobasa Sosialisasikan Karya Tulis Tingkat SD

2
Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Pemkab Tobasa, Wilker Siahaan.

Tobasa, Lintangnews.com | Guna mewujudkan minat baca dengan menulis berupa cerita rakyat untuk anak-anak Sekolah Dasar (SD), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkab Toba Samosir (Tobasa) gencar melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Wilker Siahaan mengatakan, sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 Tahun 2018, Pemkab Tobasa akan membuat turunan Peraturan Bupati (Perbup), untuk mewujudkan kewenangan pihaknya dalam program kegiatan peningkatan minat baca bagi pelajar.

“Ini mengingat Tahun Anggaran (TA) 2018 dan 2019 mendatang, tidak ditampungnya anggaran untuk sebuah event maupun sayembara karya tulis atau karangan cerita rakyat di tingkat SD. Kemungkinan besar tahun 2020 akan diupayakan,” kata Wilker, Senin (15/4/2019).

Terlebih lagi, kewenangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan segera diatur dalam Perbup, sehingga kapasitas pihaknya dalam melakukan pengajuan akan lebih optimal untuk melakukan terobosan peningkatan minat baca di Kabupaten Tobasa.

“Mengingat anggarannya bisa dikatakan belum ada, yang kita lakukan sementara dengan sosialisasi di sekolah-sekolah  untuk melakukan pembinaan kepada siswa-siswi. Ini agar para guru membina murid untuk membuat karya tulis, setidaknya sekedar motivasi anak didik,” papar Wilker.

Pihaknya berharap, dengan dilakukannya penjaringan terhadap siswa-siswi melakukan karya tulis nantinya, apabila kewenangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sudah berbadan hukum sesuai Perbup yang akan dibentuk sesuai perda yang ada.

“Hasil dari bimbingan guru kepada anak didik akan menghasilkan pengarang yang mampu bersaing di sayembara tingkat Kabupaten dan Provinsi. Ini sekaligus peningkatan minat baca sejak usia dini,” pungkas Wilker. (asri)