Ini Tujuan Karang Taruna Simalungun Gelar Raker Tahun 2019

Rapat kerja yang dilaksanakan Karang Taruna Kabupaten Simalungun.

Simalungun, Lintangnews.com | Karang Taruna Kabupaten Simalungun menggelar rapat kerja (raker) tahun 2019 di Sekretariat Jalan Asahan, Nagori Siantar Estate, Kecamatan Siantar, Sabtu (15/6/2019).

Meski tidak dihadiri Ketua Karang Taruna Kabupaten Simalungun, Bona Uli Rajagukguk, raker itumembahas program kerja Karang Taruna Nagori yang disampaikan para pengurus Kecamatan tersebut dapat terjabarkan dari kebijakan strategis Karang Taruna Kabupaten Simalungun.

Selanjutnya, memperhatikan kebutuhan efektifitas dan sinergitas program Karang Taruna Kabupaten Simalungun. Sinegritas program dengan kebijakan pemerintah menjadi agenda penting penetapan program. Ini karena posisi Karang Taruna sebagai mitra pemerintah dalam upaya penanganan permasalahan sosial.

Karang Taruna Nagori yang memiliki peran strategis sebagai salah satu komponen organisasi sosial kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang sampai ke pelosok-pelosok Nagori/Desa. Program kerja Karang Taruna Kabupaten Simalungun dalam upaya memadukan dan berkelanjutan program.

Program kerja tahunan diharapkan mampu memberikan nilai dan sentuhan secara objektif langsung ke masyarakat selama kurun waktu 5 tahun. Tahun 2019 ini program kerja yang menjadi prioritas adalah penataan kelembagaan Karang Taruna Kecamatan dan di tingkat Nagori.

Suasana raker Karang Taruna Kabupaten Simalungun.

Raker itu dipimpin Wakil Ketua Bidang Kaderisasi, Budianto Damanik didampingi Sekretari, Suyadi, Wakil Ketua Piktor Sinaga dan MPKT Kabupaten Simalungun, Zai Sinaga.

Hadir juga, Ketua Karang Taruna Kecamatan Bandar, Ardiansyah, Ketua Karang Taruna Kecamatan Bandar Masilam, M Nasrin Syahputra, Ketua Karang Taruna Kecamatan Gunung Maligas, Yuda Muspianto, Ketua Karang Taruna Kecamatan Panombeian Pane, Rano Kombo Hutasoit dan Ketua Karang Taruna Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Martua Hutapea.

Kemudian, Ketua Karang Taruna Kecamatan Sidamanik, Awi Caniago Damanik, Ketua Karang Taruna Kecamatan Dolok Panribuan, Adi J Sinaga, Ketua Karang Taruna Kecamatan Hutabayu Raja, Jefri Gultom, Carataker Kecamatan Pematang Bandar dan Carataker Kecamatan Pamatang Sidamanik.

Bona Uli Rajagukguk melalui Wakil Ketua Kaderisasi, Budianto Damanik mengatakan, raker dimaksud guna terwujudnya sinegritas program dengan kebijakan pemerintah, karena posisi Karang Taruna sebagai mitra pemerintahan dalam upanya penanganan permasalah sosial.

“Karang Taruna Simalungun akan segera melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke tingkat Kecamatan. Sehingga segala bentuk kendala-kendala di tingkat-tingkat Nagori dapat segera teratasi. Sehinga sinegritas program dengan kebijakan pemerintah dapat berjalan sesuai program kerja yang telah diusulkan masing-masing Nagori,” papar Budi. (zai)