Jalan Usaha Tani Siregar Aek Nalas Dikerjakan dengan Sistem Padat Karya

Anggota kelompok Dos Roha bergotongroyong mengerjakan Jalan Usaha Tani.

Tobasa, Lintangnews.com | Salah satu program yang didukung Pemkab Toba Samosir (Tobasa) melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) dengan mendukung perbaikan jalan usaha tani agar dapat meningkatkan produksi pertanian dan mempermudah petani mengangkut hasil panennya.

Melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia, Kelompok Tani (Poktan) Dos Roha Desa Siregar Aeknalas mendapat kucuran dana sebesar Rp 200 juta. Ini untuk pengerasan jalan sepanjang 273 meter dengan lebar 2,5 meter juga Tembok Penahan Tanah(TPT).

Menurut Ketua Poktan Dos Roha, Tombang Manurung, pengerjaan pengerasan jalan usaha tani dan TPT dikerjakan dengan sistem padat karya, di mana seluruh anggota kelompok yang berjumlah 23 orang dilibatkan.

“Yang pasti, kami sebagai masyarakat senang dan diuntungkan dengan kucuran dana dari Kementan. Sebab dengan perbaikan jalan desa di Lumban Simenak Desa Siregar Aeknalas, Kecamatan Uluan, Tobasa, masyarakat nantinya tidak lagi kesulitan membawa hasil panen,” kata Tombang.

Dia menuturkan, saat ini pencairan dana untuk pengerasan jalan masih 25 persen. Sementara pengerjaan sudah sampai tahap penyelesaian sekitar 35 persen.

Secara terpisah, Kepala Distanbun, Sahat Manullang mengatakan, salah satu perioritas pihakua merupakan pembangunan akses jalan desa untuk memudahkan petani Tobasa.

“Apabila akses jalan (infrastuktur) di pedesaan telah bagus, maka petani lebih mudah mengangkut hasil panen. Dengan sarana yang manual, petani akan kesulitan dan memakan waktu lama. Namun bila jalan usaha tani bagus waktu dan tenaga akan berkurang sebab sudah dapat dilalui oleh mobil pickup,” jelas Sahat. (asri)