Jelang Pemilu 2019, Surat Suara Tiba di Siantar

KPUD Siantar melakukan proses pembongkaran surat suara.

Siantar, Lintangnews.com | KPUD Kota Siantar menerima sebanyak 1.105 kotak berisi surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar 17 April 2019.
Penerimaan kotak berisi surat suara itu diterima langsung oleh Christian Benny Panjaitan selaku Divisi Pengawasan dan Hukum, di Kantor KPUD, Jalan Porsea, Jumat (15/2/2019).

Disampaikan Benny, sebanyak 1.105 kotak surat suara tiba Kamis (14/2/2019) malam dan dititipkan di Polsek Siantar Utara.

Sambungnya, untuk jenis surat suara yang diterima saat ini masih 3 jenis. Namun untuk surat suara Pilpres 2019 dan DPD masih menanti paling lama bulan Maret.

“Surat suara yang masuk untuk kebutuhan saat ini, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Ditambah untuk Daftar Pemilih Khusus (DPK) sebanyak 2 persen dari jumlah DPT,” jelasnya.

Suara suara yang tiba di kantorĀ  sementara KPUD Siantar.

Menurutnya, untuk jumlah eksemplar surat suara, per kardus masing-masing berisi 500 surat suara. Terkait pengemasan dan pengecekan surat suara yang rusak, akan dilakukan di 3 gudang yang telah disediakan.

“Nanti kita cek satu per satu dan setelah itu jika ada kerusakan akan segera kita laporkan. Untuk pengemasan sendiri ada di tiga gudang, seperti di Jalan Wahidin, Jalan Medan dan Jalan Asahan,” tutupnya.

Amatan wartawan, tampak salah satu Komisioner KPUD Siantar ini ikut bersama staf mengangkat kotak suara untuk disimpan sementara di kantor KPUD Siantar. (elisbet)