Jembatan Sigagak Terendam Banjir Picu Kemacetan Sepanjang 10 Km

Banjir menggenangi Jembatan Sigagak.

Simalungun, Lintangnews.com  |Jembatan Sigagak di Jalan Siantar-Medan Pasar Baru, Kelurahan Sinaksak, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, terendam banjir setinggi 1 meter, Sabtu (11/7/2020) sekira pukul 20.00 WIB.

Banjir terjadi akibat meluapnya air Sungai Bahapal hingga ke bahu jalan. Ini membuat arus lalu lintas (lalin) dari arah Kota Medan menuju Siantar dan sebaliknya sempat terputus selama 1 jam dan mengakibatkan kemacetan kurang lebih sepanjang 10 Km.

Kapolsek Serbelawan, Iptu Abdullah Yunus Siregar menuturkan, jika Sabtu (11/7/2020) sekira pukul 16.30 WIB terjadi hujan deras di Kecamatan Tapian Dolok dan Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun.

“Sekira pukul 20.00 WIB, air yang berasal dari Sungai Bahapal meluap sehingga menggenangi Jembatan Sigagak setinggi 1 meter. Ini mengakibatkan arus lalin sempat terputus dan terjadi kemacetan panjang,” paparnya.

Iptu Abdullah menuturkan, sumber air yang menggenangi Jembatan Sigagak diduga berasal dari daerah Gunung Dolok Simbolon.

Kapolsek menuturkan, sekira pukul 21.00 WIB, air sudah mulai surut dan arus lalin mulai terurai. Selanjutnya dilakukan pengaturan lalin oleh personil Sat Lantas Polres Simalungun, Sat Lantas Polres Siantar dan Polsek Serbelawan.

“Dalam kejadian banjir itu tidak menimbulkan korban jiwa. Untuk sementara kerugian material belum dapat dirincikan,” papar Iptu Abdullah. (Rel/Zai)