Jika Bantuan Belum Tepat Sasaran, Dinsos P3A Siantar : Itu Tanggung Jawab dari Lurah 

Bantuan kepada masyarakat (Int)

Siantar, Lintangnews.com | Jumlah penerima bantuan akibat dampak Covid-19 atau Virus Corona yang akan disalurkan Pemko Siantar kepada warga sebanyak 14.916 Kepala Keluarga (KK).

Hanya saja sejauh ini, belum diketahui bentuk bantuan dan nilainya, serta soal waktu penyalurannya.

Risbon Sinaga selaku Kepala Bidang (Kabid) Sosial di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Pemko Siantar menuturkan, warga penerima bantuan dari Pemko Siantar yang tercatat di luar warga yang masuk Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT).

“Soal waktu, kita belum mengetahuinya. Bahkan berapa nilainya dan apa bentuknya juga kita belum mengetahui,” ucapnya, Selasa (14/4/2020).

Risbon menyampaikan, data sebanyak 14.916 KK dihimpun dari seluruh Kelurahan yang dilakukan para Lurah masing-masing. Jika pun ada yang belum tepat sasaran, menurut Risbon, hal itu tanggungjawab dari Lurah yang melakukan pendataan.

Sambungnya, data sebanyak 14.916 KK itu sudah diperbaiki dan tidak akan ada data perbaikan selanjutnya. Namun, apakah ada bantuan tahap kedua yang akan dilakukan agar warga yang benar-benar terkena dampak akibat Covid-19 dapat menerima, Risbon menuturkan, itu bisa saja.

Tetapi tetap tergantung berapa besaran dana akan ditampung yang berasal dari pengalihan dana kelurahan.

Terpisah, Wali Kota, Hefriansyah yang dikonfirmasi usai keluar dari kantornya mengatakan, soal kapan bantuan dari Pemko Siantar akan disalurkan, menurutnya akan dilakukan segera. Karena Hefriansyah mengaku, sudah sudah menganggarkannya melalui APBD Siantar.

“Orang Siantar memang harus makan akibat dampak Covid-19. Memang sudah ada anggaran dari APBD. Kita lihat lah nanti kapan akan disalurkan. Tunggu lah tanggal mainnya. Kalau soal sudah saya tandatangani atau tidak, tanya lah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersangkutan,” ujarnya. (Elisbet)