Jika Tidak ada Gugatan di MK, Asner Silalahi-Susanti Tinggal Menunggu Penetapan Calon Terpilih

Tim Asner Silalahi-Susanti Dewayani menyampaikan sambutannya pada rapat pleno terbuka KPUD Siantar.

Siantar, Lintangnews.com | Berdasarkan hasil rekapitulasi dan penetapan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Siantar, Calon Wali Kota, Asner Silalahi dan Susanti Dewayani menang di 8 Kecamatan.

Pasangan yang didukung 8 partai politik (parpol) itu hanya menang tipis di Kecamatan Siantar Barat dengan perolehan 8.840 suara, sementara kolom kosong 6.691 suara.

Dalam pengumuman hasil penghitungan suara, Rabu (16/12/2020) itu turut dihadiri Komisioner KPUD, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 8 Kecamatan di Siantar, serta saksi pasangan calon (paslon).

Berikut hasil perolehan suara Pasangan Asner Silalahi-Susanti (Pasti) melawan kolom kosong :

Kecamatan Siantar Timur

Asner- Susanti : 14.137 suara dan Kolom Kosong : 2.792 suara.

Kecamatan Siantar Barat

Asner- Susanti : 8.840 suara dan Kolom Kosong : 6.691 suara.

Kecamatan Siantar Utara. 

Asner- Susanti : 14.625 suara dan Kolom Kosong : 5.411 suara.

Kecamatan Siantar Selatan

Asner- Susanti : 7.797 suara dan Kolom Kosong : 763 suara.

Kecamatan Siantar Marihat

Asner- Susanti : 8.876 suara dan Kolom Kosong : 976 suara.

Kecamatan Siantar Martoba

Asner- Susanti : 16.106 suara dan Kolom Kosong : 4.430 suara.

Kecamatan Siantar Sitalasari

Asner-Susanti : 9.276 suara dan Kolom Kosong : 3.557 suara.

Kecamatan Siantar Marimbun

Asner-Susanti : 8.076 suara dan Kolom Kosong : 940 suara.

Berdasarkan hal itu, Pasti menjadi pemenang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak dengan meraup suara 87.733 suara.

Ketua KPUD Siantar, Daniel Sibarani menyampaikan, secara umum gelaran tahapan Pilkada Siantar berjalan dengan baik dan lancar, dengan hanya diikuti satu paslon.

“Proses rekapitulasi telah dilakukan secara berjenjang baik dari tingkat Kelurahan, Kecamatan hingga Kota. Berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat Kota Siantar, KPUD menetapkan hasil Pilkada serentak tahun 2020 pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Asner Silalahi dan Susanti Dewayani dengan total suara 87.733 suara dan Kolom Kosong 25.560 suara,” sebut Daniel.

Sambungnya, setelah melakukan rekapitulasi suara, selanjutnya KPUD akan masuk tahap penetapan calon terpilih. Namun begitu, KPUD terlebih dahulu tetap menunggu jika nantinya adanya gugatan hasil Pilkada Siantar ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Jika tidak ada gugatan, 5 hari setelah pengumuman dari MK, kita akan menetapkan paslon terpilih di Siantar,” terang Daniel.

Dijelaskannya, jumlah pengguna hak pilih yang hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 115.219 pemilih. Artinya partisipasi pemilih di Siantar sebanyak 62,98 persen.

Terpisah, Asner Silalahi menyampaikan terima kasih  kepada masyarakat, karena memberikan kepercayaan untuk memimpin Siantar. Tak lupa, Asner juga berterimaksih kepada seluruh Komisioner KPUD, PPK, PPS dan KPPS, Baswalu maupun Panwascam atas seluruh kerja kerasnya, sehingga penyelenggaraan Pilkada berjalan baik dan sukses.

“Saya pribadi juga berterimakasih pada Polres Siantar dan TNI, serta semua yang terlibat dalam menjaga keamanan pelaksanaan Pilkada 2020,” pungkasnya. (Elisbet)