Kabid SD Disdik Simalungun Ngaku Tak Mengetahui Pengadaan Pakaian Olah Raga

Kabid SD Disdik Simalungun, Janulingga Damanik.

Simalungun, Lintangnews.com | Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan (Disdik) Pemkab Simalungun, Janulingga Damanik mengaku tidak tau adanya pengadaan pakaian olah raga untuk murid tingkat SD Negeri se Kabupaten Simalungun.

“Gak tau. Makanya, di mana pun itu gak tau. Karena itu langsung Kepala Sekolah (Kepsek),” ucap Janulingga Damanik saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (7/10/2019).

Selain itu, Janulingga juga mengaku tidak tau siapa pengusaha sekaligus pemasok pakaian olah raga untuk murid kelas I SD Negeri tersebut. “Kita gak tau kalau mengenai baju olah raga,” katanya.

Sebelumnya, salah seorang sumber mengungkapkan adanya kegiatan pengadaan baju olah raga.

“Sekarang lagi mengirim barang (pendistribusian) orang itu ke semua sekolah (SD Negeri). Pakaian olah raganya, hanya celana dan baju untuk murid kelas I,” ungkapnya.

Pengiriman pakaian olah raga baru ini dilakukan karena prosesnya lama saat pengukuran badan para murid di masing-masing SD Negeri. “Kan lama prosesnya. Data dari sekolah dan ukuran pakaiannya,” papar sumber.

Jumlah pakaian olah raga yang sedang proses pengiriman berkisar 8.000 buah dan masing-masing murid bakal dikutip untuk membayar sebesar Rp 250 ribu.

“Yang bayar murid itu sendiri, bukan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Harganya Rp 250 ribu,” ujarnya.

Berbeda dengan harga pakaian olah raga untuk murid kelas I SMP Negeri yang hanya Rp 120 ribu. “Pakaian olah raga SMP saja cuma Rp 120 ribu, sudah ada dasi, topi, celana dan baju,” jelasnya sembari menyarankan untuk konfirmasi kepada Janulingga Damanik.

Sementara, warna pakaian olah raga untuk murid kelas I SD Negeri warna biru dongker. “Warnanya biru dongker. Di baju dan celananya bagian samping ada ornamen Simalungun,” beber sumber. (Zai)