Kades Araskabu dan Petugas Puskesmas Jenguk Penderita Penyakit Kaki Gajah

Kades Araskabu, Abdul Rahman Ependi dan petugas Puskesmas Araskabu, Friska Dewi Simbolon, Nurcholijah Nasution menjenguk Dani Akbar.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Kepala Desa (Kades) Araskabu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Abdul Rahman Ependi dan petugas Puskesmas Araskabu, Friska Dewi Simbolon, Nurcholijah Nasution, serta Fasilitator Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Deli Serdang, Rahmad Rawaldiansha, Senin (12/9/2022) menjenguk Dani Akbar (37) penderita penyakit kaki gajah, warga Dusun Amal Desa setempat.

Saat dikunjungi, Dani Akbar didampingi sang istri, Asniah (32). Dani yang kesehariannya bekerja sebagai tukang listrik (lampu) ini mengatakan, penyakit yang dideritanya sudah setahun lalu dan baru 6 bulan terakhir menjadi bengkak membesar.

“Awalnya adanya penyakit ini tidak ada gejala apa pun dan tiba-tiba membesar 6 bulan terakhir. Saat ini kami lagi melakukan berobat ke dukun kampung saja,” tambahnya.

Sementara itu, Friska mengatakan kedatanganya pihaknya menindaklanjuti laporan Bidan Desa (Bindes) Araskabu. Menurutnya, ada dugaan Dani menderita penyakit kaki gajah.

“Puskesmas menyarankan agar Dani mau dirujuk ke RSUD Lubuk Pakam untuk pemeriksaan lanjutan yang lebih intensif. Kami dan Pemerintahan Desa (Pemdes) akan membantu untuk mengurus agar Dani bisa dibawa ke Rumah Sakit (RS),” tuturnya.

Senada dengan itu Abdul Rahman mengatakan, menjenguk warga yang menderita diduga sakit kaki gajah merupakan tugas sebagai Kades. Pihaknya mendapatkan keterangan Dani tidak mempunyai kartu BPJS untuk berobat.

“Karena itu kami dengan pihak Puskesmas berupaya membuatkan kartu BPJS agar Dani bisa berobat di RS, sehingga bisa sehat kembali menjalankan aktivitasnya,” kata Abdul.

Sementara Dani beserta istri mengucapkan terima kasih atas kedatangan Kades, Puskesmas dan Fasilitator Dinsos yang peduli dengan penderitaan penyakitnya, serta akan membantu perobatan ke RS. (Idris)