Kadisdik Taput : UN dan Ujian Kesetaraan Tahun 2021 Ditiadakan  

Kadisdik Pemkab Taput, Bontor Hutasoit.

Taput, Lintangnews.com | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Kesetaraan tahun 2021 resmi ditiadakan, sesuai Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pemkab Taput, Bontor Hutasoit menuturkan, hal ini dilakukan sebagai tindakan responsif yang bertujuan mengutamakan keselamatan dan kesehatan peserta didik  dan para pendidik lahir dan batin.

Menurutnya, ujian yang dilaksanakan pendidik dengan beberapa bentuk, seperti cara portofolio berupa evaluasi nilai rapor anak didik, nilai sikap dan prestasi.  Selanjutnya, penugasan, hasil tes luring atau daring dan kegiatan penilaian yang lain.

“Yang paling penting kita pahami, dinyatakan anak didik naik kelas atau lulus untuk melanjutkan kesekolah lebih tinggi harus menyelesaikan program pempelajaran di masa pandemi Covid-19, dibuktikan dengan nilai rapor tiap semester,” sebut Bontor, Rabu (17/3/2021) di ruang kerjanya.

Selanjutnya, memperoleh nilai hidup atau prilaku minimal baik dan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh pendidik.

Bontor juga menekankan kepada para pendidik agar dibuat pelajaran ekstra, khususnya bagi kelas 1 Sekolah Dasar (SD) yang belum bisa baca agar dibuat perhatian khusus oleh para pendidik, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang tepat. (Gihon)