Kapolres Simalungun Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2018

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan saat memeriksa barisan pasukan.

Simalungun, Lintangnews.com | Kapolres AKBP Marudut Liberty Panjaitan, pimpin apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Toba 2018 di Lapangan Apel Mapolres Simalungun Pematang Raya, Jumat (21/12/2018).

Apel gelar pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini merupakan momentum penting untuk meninjau kesiapsiagaan personil, melakukan pengecekan sarana dan prasarana pengamanan, serta guna memperkuat soliditas para pemangku kepentingan melibatkan dalam pengamanan Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Dalam amanatnya, AKBP Marudut menjelaskan, situasi menjelang Natal dan pergantian tahun merupakan momen yang akan dimanfaatkan masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga, karena diiringi pula dengan penetapan libur nasional.

“Polri bersama segenap jajaran TNI dan stake holder terkait lainnya menggelar operasi Kepolisian terpusat dengan sandi ‘Lilin Toba 2018’ yang melibatkan 699 orang personil pengamanan. Operasi Kepolisian terpusat ini dilaksanakan selama 12 hari sejak tanggal 21 Desember 2018 sampai dengan 1 Januari 2018,” sebut Kapolres.

Kapolres menuturkan, keberadaan pos-pos pengamanan dan pelayanan tetap harus dilakukan. Disamping itu pula, penegakan aturan terkait tempat hiburan dan penjualan minuman beralkohol perlu dilakukan secara bersama-sama dengan pemerintah daerah setempat.

Demikian pula dalam menjaga dan mencegah terjadinya kecelakaan moda transportasi baik di darat dan danau.

Kapolres AKBP Marudut Panjaitan saat menyampaikan amanat Kapolri.

“Jajaran Kepolisian dan stake holder terkait dapat melaksanakan upaya proaktif, guna menjamin terwujudnya moda transfortasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat,” harap Kapolres.

Terkait dengan kelancaran arus mudik dan arus balik, Kapolres menuturkan, dengan terbangunnya jalan Tol Tebingtinggi-Medan, maka potensi kemacetan dan kecelakaan dalam pengamanan Operasi Lilin Toba 2018 kali ini cenderung lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kondisi ini jangan membuat kita lengah, untuk itu lakukan monitoring dan pengamanan pada titik rawan kemacetan dan kecelakaan yang telah dipetakan, serta laksanakan manajemen dan rekayasa arus lalu lintas yang tepat,” tambah Kapolres.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolres mengucapkan terima kasih kepada seluruh personil Polri, jajaran TNI, pemerintah daerah, serta para pemangku kepentingan lainnya, yang mana selama ini telah bekerja dengan sungguh-sungguh dalam memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban (kamtibmas) yang kondusif.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakapolres, Kompol Zulkarnain Pane, Kabag Ops, Kompol Hendrik Situmorang, Kabag Sumda, Kompol Kitaman Manurung, Dandenpom Kapten CPM Sibeua, mewakili Dandim 0207/ SML, Brimob Subden 2 Siantar, Polairud Ipda Pasaribu, perwakilan Pemkab M Silalahi, Organda Simalungun Gubel Sinaga, Ketua Pemuda Pancasila (PP) Suriawan, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes), Kasat, Kapolsek, para Perwira, Bintara dan Aparatur Sipil Negara (ASN). (zai)