Kapolres Tebingtinggi Pimpin Apel Ops Mantap Brata Toba 2018

Kapolres Tebingtinggi AKBP Sunadi didampingi Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan saat mencek pasukan pengamanan Pemilu 2019.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Polres Tebingtinggi melaksanakan gelar apel  pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2018 dalam rangka pengamanan rangkaian pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 di Lapangan Mako Brimob Den-B Polda Sumut Kota Tebingtinggi, Jumat (22/3/2019)

Dalam sambutannya, Kapolres AKBP Sunadi membacakan amanat Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto, bahwa Pemilu Serentak Tahun 2019 merupakan tonggak sejarah karena kita melakukan 5 pemilihan secara langsung.

“Ini akan menjadi warisan sejarah kemampuan Indonesia dalam melaksanakan Pemilu secara serentak dengan aman dan damai,” sebut Kapolres.

AKBP Sunadi menuturkan, pelaksanaan pesta demokrasi sangat dibutuhkan dalam rangka pengamanan Pemilu 2019 agar terlaksana dengan baik. Pasalnya, Pemilu Serentak 2019 diprediksi akan mendapatkan banyak ancaman, gangguan dan halangan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Kepada para stake holder harus mampu mengambil tindakan tegas sesuai hukum yang berlaku dalam menghadapi masalah itu,” ujar Kapolres.

Menurutnya, banyaknya berita hoax, isu Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA) dan politik identitas harus diantisipasi. Karena hal ini dapat menyebabkan demokrasi di Indonesia menjadi tidak sehat. Kapolres menambahkan, ini banyak terjadi di media sosial (medsos) maupun dalam kehidupan masyarakat secara langsung .

“Hal-hal seperti ini harus kita tindak dengan tegas. Apel ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Dalam pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 , TNI-Polri bertugas untuk mengamankan situasi di seluruh Indonesia dengan  jumlah kekuatan 453.133 personil dan didukung alutsista yang mumpuni,” paparnya.

Kapolres juga menghimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan berita hoax , isu SARA dan politik indentitas yang saat ini sedang gencar-gencarnya terjadi. Karena itu akan tindak tegas pihak-pihak yang ingin memecah belah masyarakat.

Kegiatan gelar apel pasukan itu dihadiri Wali Kota, Umar Zunaidi Hasibuan, Dandim 0204/Deliserdang, Letkol Kav Syamsul Arifin, Kepala Detasemen B Brimob Polda Sumut, AKBP Arke F Ambat, Kepala BNNK, Kompol Bambang Rubianto, Kalapas Kelas II B, Theo Andrianus Purba, Ketua FKUB, Abu Hasyim Siregar, Ketua Al-Washliyah, Ghazali Saragih dan Ketua KPUD, Abdul Kholik. (purba)