Kapolri dan Panglima TNI Pimpin Rapat Kesiapan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 Bersama Forkopimda Sumut

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan arahannya.

Medan, Lintangnews.com | Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin rapat kesiapan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumatera Utara, Rabu (3/11/2021).

“Saya menyampaikan kembali pesan Presiden RI, Joko Widodo, jika kondisi angka harian yang saat ini sudah bagus bisa berubah, kalau kita lengah. Setiap libur maka ada peningkatan. Pada bulan Juli kasus harian mencapai 56 ribu, tapi hari ini diangka 612. Ini harus dipertahankan. Terlihat dari kasus positif menurun demikian juga kasus aktifnya. Ini adalah angka hasil kerja keras rekan-rekan semua,” ucap Kapolri.

Menurutnya, capaian yang sudah baik saat ini, harus dapat terus dipertahankan. Di antaranya adalah menyiapkan antisipasi untuk mencegah lonjakan virus Covid-19 pada saat perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 mendatang.

“Saya juga menekankan agar kegiatan pesta akhir tahun seperti konser dan perayaan untuk dihindari dalam rangka mengantisipasi lonjakan. Sesuaikan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah diatur di posko bandara, jalan raya dan pelabuhan,” sebut Kapolri.

“Lalu, masifkan aplikasi Peduli Lindungi dan persiapkan tempat-tempat ibadah yang akan melaksanakan secara fisik maupun virtual. Terlebih di wilayah Sumut ada sekitar 6.623 gereja dan ini harus dipersiapkan dengan baik sehingga harapannya. Ibadah bisa berjalan namun laju Covid-19 juga bisa dijaga,” tambah Sigit.

Dirinya juga meminta Forkopimda Sumut untuk mempertahankan tren positif penanganan dan pengendalian Covid-19 saat ini. Mengingat, Indonesia menempati peringkat pertama dalam melakukan hal itu se-Asia Tenggara.

“Oleh sebab itu, akselerasi percepatan vaksinasi harus terus ditingkatkan terutama pada kelompok lanjut usia (lansia) untuk menurunkan angka kematian dan kelompok pelajar beserta tenaga didiknya dalam rangka Pembelajaran Tatap Muka (PMT),” paparnya.

Selain memimpin rapat bersama Forkopimda Sumut, Kapolri bersama Panglima TNI juga meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Lapangan Benteng Kota Medan, yang diikuti pada 33 Kabupaten/Kota di Sumut untuk mencapai target 70 persen sebagaimana harapan Presiden. (Muhardi)