Kejanggalan Dana BTT Simalungun Pengamanan Kunjungan Raja dan Ratu Belanda Layak Diusut  

Simalungun, Lintangnews.com |  Pasca singgahnya Raja Belanda, Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorrequieta Cerruti ke Inna Hotel Parapat, Kamis (12/3/2020) lalu, Bupati Simalungun, JR Saragih disebut mengalokasikan dana Biaya Tak Terduga (BTT) tahun anggaran (TA) 2020 sebesar Rp 1.397.000.000.

Dikutip dari lembaran laporan realisasi penggunaan dana BTT TA 2020 yang ditandatangani oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkiab Simalungun, Eva Suryati Ulyarta, Minggu (18/4/2021).

Bupati mengalokasikan dana BTT sebesar Rp 1.397.000.000. Keuangan daerah sebesar itu diposkan kepada Satpol PP Pemkab Simalungun untuk pengamanan kunjungan kerja Raja dan Ratu Belanda.

Sementara pasca singgahnya Raja dan Ratu Belanda, tim gabungan TNI dan Polri melakukan penjagaan mulai dari gerbang hingga pintu masuk Inna Hotel Parapat. Persisnya di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun.

Petugas melakukan peperiksaan terhadap para tamu dengan alat deteksi, fisher (metal detektor) dan alat pemeriksaan suhu tubuh oleh Satuan Brimob dan dijaga anggota TNI AD dari Denpom I/I Pematangsiantar. Ini juga dilengkapi kendaraan pengamanan, yakni jenis Anoa milik TNI AD dan sejumlah kendaraan patroli petugas lainnya.

Sebelum singgah ke Inna Hotel Parapat, Raja dan Ratu Belanda itu melihat keindahan Danau Toba dari Bukit Singgolom di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba.

Selanjutnya bergeser ke Dusun Siambat Dalan di Desa Lintong Ni Huta,  Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Di lokasi itu Raja dan Ratu Belanda disuguhi keindahan Rumah Adat Batak yang sudah berusia ratusan tahun lamanya.

Mirisnya, Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPj) tahun 2020 Simalungun yang diketuai Binton Tindaon tak jua mempertanyakannya.

Sehingga Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dinilai layak melakukan audit atas dana BTT tahun 2020 Simalungun sebesar Rp 1.397.000.000, karena terindikasi mark up dan menyalahi aturan. (Zai)