Kejari Tebingtinggi Lakukan Pendampingan Hukum dengan Dinas PUPR

Penandatanganan kerja sama antara Dinas PUPR dan Kejari Tebingtinggi.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tebingtinggi terus berperan aktif memberikan bimbingan pendampingan hukum kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Tebingtinggi.

Ini sebagai pelaksanaan fungsi pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi dan hal-hal yang berhubungan dengan hukum perdata, serta ketata usahaan negara di tengah Covid-19 (Virus Corona) untuk percepatan serapan anggaran pembangunan.

Hal itu disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tebingtinggi, Mustaqpirin usai melakukan penandatanganan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Rusmiyati, Selasa (14/7/2020).

“Pihak Kejaksaan di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) terus melakukan sosialisasi hukum kepada OPD, serta mendorong agar pembangunan pertumbuhan ekonomi dapat berkembang dan dirasakan masyarakat,” sebut Mustaqpirin didampingi Kasi Datun, Tulus.

Dia juga menjelaskan, pendampingan hukum ini beda dengan Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

Mustaqpirin menuturkan, peran Kejaksaan dalam hal ini sebagai pengacara negara dan melakukan pendampingan hukum. Termasuk memberikan bimbingan hukum terkait pengadaan barang dan jasa agar semuanya taat hukum.

Sementara itu, Kadis PUPR, Rusmiyati berterimakasih mendapatkan pendampingan hukum dari Kejari Tebingtinggi. Dia mengatakan, perjanjian kerja sama ini pertama telah dirintis Pemko Tebingtinggi dan ditindak lanjuti Dinas PUPR.

Dalam penandatanganan kerja sama itu, Rusmiyati didampingi Sekretaris Dinas PUPR, Kepala Bidang (Kabid) Pengairan ,Kabid Tata Bangunan, Kabid Tata Ruang, Kepala UPTD Ipal, Kasi Bina Marga, Kasi Jasa Kontruksi, PPTK, termasuk Direktur PDAM Tirta Bulian dan Kabid Inspektorat.

“Dinas PUPR di tahun 2020 ini ada 9 proyek stragis pembangunan akan dikerjakan dan mendapatkan pendampingan hukum dari Kejari Tebingtinggi,” tandas Rusmiyati. (Aguswan)