Kemenpar Sosialisasikan KUR untuk Pelaku Wisata di Tobasa

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan Kementrian Pariwisata di Kabupaten Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com | Guna memajukan dunia usaha pada sektor pariwisata, untuk pencapaian target 20 juta wisatawan mancanegara dan 275 wisatawan nusantara, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) gelar sosialisasi di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Rabu (13/2/2019).

“Sosialisasi dan Coaching Clinik Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diselenggarakan Kemenpar melalui kebijakan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk memudahkan dunia usaha di destinasi prioritas, salah satunya Kabupaten Tobasa,” sebut Kabid Investasi Destinasi Prioritas Kemenpar, Nurwan Hadiyono.

Sebanyak 75 orang pelaku wisata yang masih aktif, membutuhkan pembiayaan dan investasi untuk peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dihadirkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud)

Kepala Disparbud (Kadisparbud) melalui Kabid Pengembangan Kelembagaan, Industri Pariwisata dan Pemberdayaan Masyarakat Pariwisata, Agust Karo-Karo menuturkan, pemberian kemudahan KUR bagi pelaku usaha sektor wisata itu penting untuk menjaring sejuta wisatawan mancanegara.

Pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI), Sandiova Tarigan menerangkan, pinjaman yang diberikan oleh bank untuk KUR pengembangan sektor wisata. Menurutnya, diberikan kemudahan, tidak seperti pinjaman KUR lainnya waktu berjalan 2 tahun, namun untuk pelaku wisata cukup 6 bulan saja.

“Bagian usaha yang kita layani yakni, agen travel pariwisata, sanggat seni, sanggar tari, evet organizer, homre stay, penyedia makanan dan minuman, diving, arum jeram dan lain -lain,” sebut Sandiova. (asri)