Keraskan Badan Jalan, Tandem Roller Hilir Mudik di Lokasi TMMD

Tandem Roller di lokasiTMMD.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Untuk membantu proses pengerasan badan jalan, Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 Kodim 0204/DS menurunkan alat berat combined tandem roller.

Alat berat ini terus hilir mudik di jalan yang baru dibuka di Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deli Serdang, Senin (28/6/2021).

Proses pengerasan jalan merupakan hal penting pada pelaksanaan TMMD kali ini. Pasalnya, kontur tanah di lokasi pembukaan jalan agak gembur. Sehingga kalau proses pengerasannya dilakukan secara konvensional menggunakan tenaga manusia, makanya hasilnya tidak akan maksimal.

“Untuk memaksimalkan proses pengerasan memang harus dilakukan menggunakan alat berat tandem roller. Menggunakan alat berat ini, selain pengerasan maksimal, permukaan jalan juga menjadi rata,” ujar Perwira Pengawas (Pawas) TMMD Kodim 0204/DS, Kapten Kav Ishak Iskandar.

Diharapkannya, alat berat ini juga membuat proses pembuatan jalan akan maksimal baik mutu dan waktu pengerjaannya.

“Pada pengerjaan sasaran fisik, selain mutu, kita juga harus berpacu dengan waktu, karena pelaksanaan TMMD terbatas dan hanya berlangsung selama sebulan. Sehingga setiap pengerjaan harus bisa disesuaikan dengan jadwal yang telah ditentukan,” ujar Pawas.

Diketahui TMMD ini membangun 2 ruas jalan. Masing-masing pembukaan jalan sepanjang 3.839 meter dengan lebar 4 meter dan jalan dengan konstruksi rigid beton sepanjang 2.545 meter dan lebar 4 meter. (Idris)