Kesbang Deliserdang Sosialisasikan P4GN di Pantai Labu

Kegiatan sosialisasi P4GN yang dilaksanakan Kesbang Pemkab Deliserdang.

Deliserdang, Lintangnews.com | Badan Kesatuan Bangsa (Kesbang) Pemkab Deliserdang, Kamis (2/5/2019) melakukan sosialisasi Pemberantasan, Pencegahan, Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba (P4GN), bertempat di Masjid Sultan Badarudin Desa Rantau Panjang, Kecamatan Pantai Labu.

Hadir pada sosialisasi itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) DeliSerdang, AKBP Safwan Khayat, Kepala Kesbang, Togar Panjaitan, Camat Pantai Labu, Irawadi Harahap, Danramil 23/Beringin, Mayor Inf Makmur Siahaan, Kepala Desa (Kades) Rantau Panjang, M Yusni dan ratusan warga.

Irawadi Harahap menyambut baik acara sosialisasi ini sebagai pemahaman agar warga desa mengetahui bahaya pengunaan dan peredaran narkoba bagi keluarga dan diri pribadinya.

Terkait selesainya Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019 yang dilaksanakan, Irawadi Harahap berharap kepada warga jangan terlalu percaya berita hoax yang beredar.

“Adanya berita 01 mengklaim menang dan 02 juga mengklaim menang, jangan terlalu cepat kita ambil kesimpulan yang dapat memecah persatuan. Kita tunggu tanggal 22 Mei mendatang,” sebut Irawadi Harahap

Dirinya meminta agar kita jangan terpengaruh dengan berita 01 maupun 02 tersebut. “Kalau bisa kita 03 saja dari butir Pancasila yakni  Persatuan Indonesia. Memenjaga persatuan Indonesia ini lah  yang lebih penting kita harapkan. agar masyarakat bisa hidup damai dan aman,” ujarnya.

Dalam sambutannya, AKBP Safwan Khayat mengajak masyarakat dan relawan secara bersama-sama dengan dibantu Babinsa dan Babhinkamtibmas untuk memerangi peredaran narkoba di desa.

“Karena jelas-jelas narkoba dapat merusak generasi kita yang akan datang. Kami dari BNNK DeliSerdang siap membantu dan mendukung agar Desa Rantau Panjang bersih dari narkoba (bersinar),” ujarnya.

Sementara itu, Togar Panjaitan mengatakan, sosialisasi narkoba ini merupakan kegiatan menindak lanjuti program Kampung Bersih Narkoba yang dicanangkan Pangdam I/Bukit Barisan.

“Narkoba merupakan senjata perang untuk merusak kehidupan generasi mendatang. Narkoba sangat efektif membuat orang jadi bodoh, malas, emosional dan gampang tersinggung,” paparnya.

Togar menuturkan, para orang tua dibutuhkan untuk menghempang narkoba dalam keluarga, dengan menjaga keluarganya melalui meningkatkan komunikasi, mengetahui permasalahan anak dan melakukan kasih saying.

“Di lingkungannya, para orang tua bersama masyarakat lainnya agar berani melaporkan atau memberantas peredaran narkoba. Karena kehidupan anak cucu kita merupakan tanggung jawab kita. Orang yang sudah terpapar narkoba, maka generasi ini tidak bisa kita harapkan dan tak mungkin dijadikan pemimpin,” kata Togar.

Sebelumnya Kades Rantau Panjang, M Yusni mengucapkan terima kasih pada warganya yang hadir pada sosialisasi itu. “Kehadiran warga ini menambah semangat untuk menghancurkan narkoba ,agar Desa Rantau Panjag Bersinar,” ujar pria yang lebih dikenal dengan panggilan Buyung Kades ini. (idris)