Kesbangpol Asahan Giat Sosialisasi Bahaya Narkoba, APH Sebut Peran Aktif Masyarakat Penting 

Kasil Intel Kejarii Kisaran, JS Malau dan Iptu Syamsul Adhar selaku KBO Sat Narkoba Polres Asahan saat menjadi narasumber. 

Asahan, Lintangnews.com | Selain tugas Aparat Penegak Hukum (APH) dalam memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang sangat berbahaya, maka peran aktif masyarakat penting dan membantu.

Hal ini disampaikan para narasumber di kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan Badan Kesbangpol Pemkab Asahan, Rabu (10/11/2021).

Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Kisaran, JS Malau mengatakan, dengan hukuman tidak menumpas persoalan narkoba. Namun bagaimana menyampaikan kepada orang terdekat lalu ke masyarakat terkait bahaya narkoba yang merugikan baik diri sendiri maupun orang di sekeliling.

Senada dengan itu, Iptu Syamsul Adhar selaku KBO Satuan Reserse Narkoba Polres Asahan juga mengakui, kasus narkoba terus meningkat.

“Sesuai dengan data dari hasil penangkapan kita terus bertambah, maka perlu peran masyarakat untuk memberikan pemahaman, bahwa narkoba itu sangat berbahaya dan merusak generasi kita dengan cara memulai dari orang orang terdekat kita terkait bahaya narkoba ini,” ujar Syamsul.

Lanjut Syamsul, terkait narkoba tidak saja merusak orangnya, namun di sekelilingnya bahkan ekonominya.

Sementara itu dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Asahan, Hendi selaku penyuluh narkoba mengajak untuk bersama-sama dengan pihak-pihak pengiat narkoba yang aktif memerangi peredaraan dan penyalahgunaan narkoba lebih aktif lagi. Dirinya mengatakan, peredaraan narkoba sudah sangat luas, sehingga perlu kerja keras bersama.

“Tidak cukup APH, karena tau keterbatasan kita, maka perlu peran serta baik melalui pengiat juga masyarakat secara luas, sehingga tidak ada ruang untuk peredaran narkoba yang merusak generasi bangsa saat ini dan berdampak buruk bagi perekonomian kita,” ujar Hendi.

Sementara itu Bupati Asahan, Surya melalui Kepala Badan Kesbangpol, Harry Nando Tambunan mengatakan, Pemkab Asahan bertekad, bahwa penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika merupakan bahaya yang harus ditangani secara dini

“Mari kita bergandengan tangan mengatasi bahaya narkoba dengan melibatkan semua potensi yang ada, sehingga tidak ada sedikit ruang untuk peredaran narkoba terutama di Asahan yang diketahui memiliki beberapa daerah berada langsung dengan bibir pantai laut lepas, seperti Desa Bagan Asahan dan Desa lain di sekitarnya,” ungkap Harry mengakhiri. (Heru)