Ketua PKK Siantar Hadiri Rakornas, Iriana Jokowi: Kader PKK harus Bersinergi dan Bekerja dengan Rendah Hati

Ketua TP PKK Kota Siantar, Kusma Erizal Ginting saat foto bersama dengan PKK daerah lain. 

Siantar, Lintangnews.com | Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Siantar, Kusma Erizal Ginting mengikuti rapat koordinasi nasional (rakornas) yang dibuka langsung oleh Ibu Negara, Iriana Jokowi, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (28/11/2022) ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali.

Iriana dalam sambutannya mengatakan, rakornas ini merupakan pertemuan pertama setelah pandemi selama 2 tahun. Dan, ini penting dilakukan untuk menyelaraskan program-program PKK dari pusat hingga ke daerah. Sekaligus bagaimana membuat gerakan PKK bermanfaat bagi masyarakat

“Prioritas dalam gerakan PKK di antaranya, membantu masyarakat menghadapi krisis pangan setelah pandemi. Kemudian berjalan beriringan dengan pemerintah dalam menjalankan program-program kerja,” sebut Iriana yang saat itu mengenakan kebaya dipadu rok batik berwarna coklat.

Dirinya juga berharap, kader-kader PKK terjun langsung ke wilayah masing-masing. “Kalau tidak turun langsung, kita tidak tahu apa yang terjadi,” sambung Iriana.

Dia menambahkan, kader-kader PKK juga diharapkan tetap melakukan penanaman tanaman obat keluarga (toga), mengingat hal itu sangat bermanfaat pasca pandemi. Selain itu, diimbau tetap menjaga kesehatan keluarga, olahraga, menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pola hidup sehat.

Kader-kader PKK, lanjut Iriana, harus tetap memiliki kepedulian, saling membantu, gotong royong. Juga diharapkan membangun literasi dalam keluarga, mendampingi anak-anak dalam pendidikan dan pola asuh. Lalu, mengembangkan ketahanan ekonomi keluarga lewat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Kader PKK diimbau untuk bersinergi dengan pemerintah, bekerja dengan hati, untuk menghasilkan gagasan, kapasitas dan kepemimpinan, demi Indonesia semakin kuat, hebat dan maju,” pungkas Iriana.

Sementara itu, Erizal Ginting mengatakan, melalui rakornas diharapkan masing-masing kader PKK bersama masyarakat bisa saling koordinasi dan kooperatif membangun komunikasi dimulai dengan organisasi terkecil, yaitu keluarga.

“Kita sentuh dengan hati dan kasih untuk membangun kesejahteraan keluarga melalui program-program yang telah dituangkan pada organisasi PKK,” sebut Rizal, sapaan akrabnya.

Rizal menambahkan, memberdayakan masyakarat itu sendiri adalah poin utama untuk menuju manusia produktif. Dan, untuk itu perlu adanya PKK sebagai tulang punggung utama untuk pemberdayaan keluarga.

“Dan, perjuangan untuk memberdayakan keluarga itu menjadi lebih jelas dan detail sesuai dengan apa yang diarahkan oleh Ibu Negara. Selanjutnya, Siantar siap melaksanakan apa-apa saja yang diarahkan oleh Ibu Negara,” tutupnya. (Elisbet)