Komisi I DPRD Siantar Respon Positif Pengembangan Pariwisata di Siantar Marimbun  

Andika Prayogi Sinaga selaku Ketua Komisi I DPRD Siantar dan rekan sekomisinya saat foto bersama dengan Camat Siantar Marimbun, Jan Ericson Chandra Purba serta sejumlah Lurah.

Siantar, Lintangnews.com | Kepada Camat dan Lurah diminta melaksanakan anggaran dana kelurahan yang diterima, agar sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) dan peraturan yang berlaku.

Hal ini disampaikan sejumlah anggota Komisi I DPRD Siantar saat melakukan kunjungan ke kantor Camat Siantar Marimbun, Rabu (18/3/2020).

Kepada Camat Siantar Marimbun, Jan Ericson Chandra Purba dan seluruh Lurah yang hadir, Baren Alijoyo Purba selaku Sekretaris Komisi I berpesan terkait dana kelurahan agar jangan mau menerima intervensi yang salah dari atasannya. “Karena semua anggaran itu sudah ada peruntukannya,” ujarnya.

Baren menekankan agar seluruh Lurah di Siantar harus mendengar keluhan dan keresahan  masyarakat, serta segera harus tindak lanjuti sesuai aturan yang berlaku.

Camat Siantar Marimbun, Jan Ericson memaparkan rencana program pariwisata yang sedang digagasnya. Seperti wisata bunga di sepanjang Jalan Bahkora II dan pemberdayaan ‘Jembatan Cinta’ di Kecamatan tersebut.

Jan Ericson menjelaskan, selain mengembangkan pariwisata, pemberdayaan masyarakat di Siantar Marimbun telah berjalan dengan baik, serta menambah income (pendapatan) bagi warga, seperti pembuatan papan bunga, salon dan menjahit atau bordir.

Ketua Komisi I, Andika Prayogi Sinaga usai mendengarkan pemaparan itu merespon buah pemikiran yang dilakukan Camat Siantar Marimbun, seperti mengembangkan pariwisata dalam menggali potensi yang ada.

“Semangat dana kelurahan ini berdaya guna bagi masyarakat, serta menambah penghasilan. Pesan kita kepada Camat dan Lurah dalam menjalankan dana kelurahan tetap berjalan sesuai koridor yang ada,” tutur Andika.

Senada dengan hal itu, Boy Warongan anggota Komisi I lainnya mendukung pengembangan pariwisata di lokasi tersebut.

“Ditengah pembangunan Jalan Tol Tebingtinggi ke Danau Toba, Siantar harus berbenah. Misalnya, mengembangkan potensi pariwisata agar tetap dikunjungi, sehingga menambah pendapatan bagi warga,” tandasnya.

Hadir dalam kesempatan itu, sejumlah anggota Komisi I lainnya, seperti Ilham Sinaga, Arif D Hutabarat dan Binsar Saragih.

Usai dari Kecamatan Siantar Marimbun, sejumlah anggota Komisi I mengunjungi Kecamatan Siantar Marihat. Kedatangan para wakil rakyat itu diterima langsung oleh Robert Sitanggang selaku Camat Siantar Marihat. (Elisbet)