KPUD Siantar akan Sosialisasikan Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol

Ketua KPUD Kota Siantar, Daniel Dolok Sibarani didampingi Komisioner, Nurbaiya dan Christian Beny Panjaitan.

Siantar, Lintangnews.com | Untuk mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah dan sedang menjalankan tahapan persiapan.

Pengumuman pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 telah dilakukan, Jumat (29/7/2022). Pengumuman akan berlanjut sampai Minggu (31/7/2022).

Hal itu dilakukan, agar parpol calon peserta Pemilu 2024 segera mendaftarkan partainya melalui aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) pada rentang waktu tanggal 1-14 Agustus 2022.

Usai mendaftar, lalu dilanjutkan KPU dengan melaksanakan verifikasi dan penetapan parpol peserta Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan Ketua KPUD Kota Siantar, Daniel Dolok Sibarani didampingi Komisioner lainnya, Nurbaiya dan Christian Beny Panjaitan di kantornya.

Untuk lebih memudahkan pengurus parpol, serta masyarakat juga dapat memahami, maka Sabtu (30/7/2022), KPUD Siantar akan menggelar sosialisasi tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol peserta Pemilu sebagaimana diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022.

Sosialisasi akan disampaikan kepada peserta di antaranya, pengurus parpol, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan lainnya.

Untuk itu, peserta diminta hadir di Gedung Darma Wanita Kota Siantar, Jalan Porsea No 1, Kelurahan Teladan, Kecamatan Siantar Barat, atau letaknya persis di depan Kantor Perumda Tirtauli.

“KPUD Siantar akan menggelar sosialisasi. Jadi kami harapkan, seluruh pimpinan parpol hadir di acara sosialisasi itu,” ujar Daniel.

Ada pun yang akan disampaikan pada sosialisasi, selain tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol, juga mengenalkan peranan aplikasi Sipol, serta menyampaikan daftar pemilih berkelanjutan di Siantar.

Dijelaskan Daniel, selepas parpol mendaftar melalui Sipol, KPUD Siantar akan melakukan verifikasi administrasi terhadap kelengkapan dan kesesuaian administrasi keanggotaan parpol yang telah mendaftar.

Verifikasi administrasi dilakukan sejak tanggal 2 Agustus 2022 hingga 14 September 2022. “Jadi data keanggotaan parpol yang telah mendaftar akan diambil dari Sipol,” ucap Daniel.

Sedangkan administrasi yang akan diverifikasi diantaranya, jumlah anggota parpol yang didaftarkan minimal 273 untuk Siantar. Lalu jumlah anggota itu akan diperhatikan kesesuaian Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dengan Kartu Tanda Anggota (KTA).

Selain itu, KPU juga akan memperhatikan kegandaan anggota apabila ada ditemukan. Kemudian memperhatikan persyaratan profesi anggota parpol.

Dalam hal ini, seperti Aparatur Sipil Negaa (ASN), serta anggota TNI dan Polri tidak boleh sebagai anggota parpol. Kemudian, usia dan status perkawinan juga akan diperhatikan.

Pasca verifikasi administrasi dilakukan, bagi parpol calon peserta Pemilu 2024, apaila ditemukan kekurangan, diperkenankan melakukan perbaikan pada tanggal 15-28 September 2022.

Bukan hanya itu, setelah verifikasi administrasi, KPU juga akan melakukan verikasi faktual pada 15 Oktober 2022 hingga 4 Nopember 2022. Selanjutnya, KPU menetapkan parpol peserta Pemilu 2024.

“Jadi untuk itu, kami harapkN pimpinan parpol di Siantar agar hadir di acara sosialisasi tersebut. “Ini penting untuk kedepan,” tandas Daniel, kembali mengingatkan pentingnya sosialisasi dimaksud. (Rel)