Kunjungan Nawal Lubis, Yunita Azhari Tambunan Diminta Jadi Ketua GPMB Deli Serdang

Ketua GPMB Sumut, Nawal Lubis (baju putih) didampingi Ketua TP-PKK Deli Serdang, Yunita Ashari Tambunan.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumatera Utara, Nawal Lubis Edy Rahmayadi mengapresiasi perkembangan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Cafe dan Sanggar Lingkaran Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang yang kini semakin baik.

Hal itu disampaikan Nawal Lubis saat silaturahim ke TBM Cafe dan Sanggar Lingkaran dalam agenda kunjungan kerja, Jumat (18/12/2020). Nawal menyampaikan apresiasi pada penggiat dan semua pihak yang terlibat, serta mendukung keberadaan TBM bagi warga setempat.

Dia juga mengingatkan, kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir, meskipun sekarang perkembangannya melandai, sehingga tidak lantas membuat warga lengah dan lalai menerapkan protokol kesehatan (prokes) .

Terkait keberadaanTBM Cafe dan Sanggar Lingkaran, kata Nawal, begitu  bermanfaat bagi masyarakat. Apalagi tantangan modernisasi dam kebiasaan yang tidak baik berada di depan mata para anak muda generasi penerus bangsa.

“Semoga TBM ini bisa lebih luas lagi jangkauannya, agar menjadi yang terbaik. Ini sangat baik untuk masa depan anak-anak kita nanti. Supaya mereka tidak terlibat narkoba,” kata Nawal didampingi Kadis Perpustakaan dan Arsip Sumut, Harlen Purba.

Untuk membesarkan dan menggaungkan kampung literasi di Deli Serdang, Nawal pun meminta kepada Ketua TP PKK Deliserdang, Yunita Azhari Tambunan untuk bersedia menjadi Ketua GPMB di Kabupaten itu sebagai wujud keseriusan dalam mengembangkan minat baca masyarakat, terutama para generasi muda.

Pengeola TBM Cafe dan Sanggar Lingkaran Desa Denai Lama, Irwanto menyampaikan, keberadaan lembaga ini adalah dalam rangka menjadikan genrasi muda bisa  mengenal budaya, membangun karakter serta nilai dan semangat bagi mereka yang mempunyai mimpi (cita-cita).

“Kita juga ada kelompok pendampingan kaum ibu, serta pengembangan cafe baca untuk mengajak masyarakat luas agar semangat untuk membaca. Jadi sifatnya ini, pendidikan gratis untuk masyarakat,” sebut Irwanto.

Sementara keberadaan cafe di lokasi itu dalam rangka membantu secara keuangan pengelolaan TBM tersebut. Sebab seluruh pengajar di Sanggar Lingkaran adalah para relawan, baik yang berprofesi sebagai guru, mahasiswa tingkat akhir maupun lainnya. Sehingga dinilai perlu memberikan uang penghargaan atas kerelaan meluangkan waktu mendampingi masyarakat.

“Jadi keuntungan yang didapat dari pengelolaan cafe ini, dialokasikan untuk membantu relawan kita yang mengajar anak-anak di sini. Makanya kita tidak memungut biaya untuk pendidikan di sini dan gratis,” ungkapnya.

Sedangkan Ashari Tambunan yang ikut mendampingi Nawal juga terlihat  santai menikmati suasana asri di kawasan TBM Café dan Sanggar Lingkaran itu. Ia juga menyanggupi permintaan untuk diangkat menjadi Ketua GPMB Deli serdang, untuk menyebarluaskan dan memasyarakatkan minat baca masyarakat.  (Idris)