LADN Diharapkan Turut Majukan Wisata Tobasa

LADN Tobasa saat foto bersama.

Tobasa, Lintangnews.com | Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Pemkab Toba Samosir (Tobasa) Audi Murphy Sitorus berharap, Lembaga Adat Dalihan Natolu (LADN) mampu tingkatkan wisata yang menjadi wisata prioritas nasional, untuk mendatangkan sejuta wisata mancanegara.

“LADN se Kabupaten Tobasa yang telah dikukuhkan oleh Bupati Darwin Siagian, mengambil perannya untuk memajukan tujuan wisata di Kabupaten ini,” sebutnya saat puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) Tobasa ke 20 di Kecamatan Habinsaran, Sabtu (9/3/2019).

Menurutnya, penggalian cerita rakyat di Tobasa atau disebut Story Telling menjadikan daya tarik wisatawan yang datang ke Tobasa.

“Banyak cerita rakyat, semisal legenda maupun kisah yang fenomenal di kehidupan masyarakat Tobasa maupun cerita tujuan wisata yang belum diketahui oleh masyarakat, apalagi luar Tobasa dan mancanegara,” sebut Murphy.

Dia menuturkan, mengembangkan cerita adat di masyarakat dan mengolah cerita tersebut menjadi hal yang menarik.

Semisal pemaparan adat istiadat budaya Batak di Kabupaten Tobasa hal tabu yang tak bisa dilakukan saat berkunjung ke daerah tujuan wisata.

“Dengan ragam cerita yang tersaji di masyarakat tentang tempat tujuan wisata, akan menggiatkan generasi muda untuk berkreasi dan menggali cerita rakyat yang mungkin hampir dilupakan. Dampak dari menggali cerita rakyat, akan menjadi ciri khas tujuan wisata, keindahan alam yang kita miliki ternyata punya sejarah cerita,” ujarnya.

Murphy menuturkan, nantinya akan menambah daya tarik tujuan wisata, bukan saja keindahan yang dirindukan wisatawan tetapi cerita rakyat juga ingin diketahui mereka (wisatawan).

“Dalam artian menikmati alam Tobasa, sambil ditemani cerita rakyat terkait tujuan wisata yang dinikmati pengunjung,” terang Murphy. (asri)