Lahan Parkir Diduga Ajang Rebutan Antara Wabup Simalungun dan Ketua Tim Pemenangan

Ketua Tim Pemenangan RHS-ZW, CH dan Wakil Bupati Simalungun, Zonny Waldi.

Simalungun, Lintangnews.com | Pengelolaan lahan parkir tepi jalan di Kabupaten Simalungun diduga dijadikan sebagai ajang perebutan antara Wakil Bupati, Zonny Waldi dengan Ketua Tim Pemenangan RHS-ZW berinisial CH.

“Mhn maaf sdr ku sy bukan juru parkir. Saya ingin PAD Simalungun dari semua sumber pendapatan yg legal harus diintensifkan spy PAD meningkat agar belanja pembangunan  Simalungun yg sdh direncanakan bs dilaksnakan tanpa ada beban hutang pd thn berikutnya,” tulis Zonny via WhatApp (WA), Jumat (4/6/2021).

Disampaikan, media tidak ada menyebutkan orang nomor 2 di Kabupaten Simalungun itu sebagai juru parkir. Namun demi orang orang di sekelilingnya, tak lain diduga demi balas jasa. “Silakan sj sdr ku himpun informasi sebnyak mungkin sy sdh sampaikan jwb,” tulis Zonny kembali.

Awalnya, Zonny tidak membantah dirinya ada memanggil Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pemkab Simalungun, Ronny Butar Butar.

“Ya benar sy perintahkan kpd Kadis Hub simalungun agar Parkir di tepi jln umum dikelola dengan  baik, diintesifkan lakukan pendataan atau survai potensi supaya PAD Simalungun bisa  naik demikian juga dengan kir kendaraan bermotor spy diaktifkan, pelayanan kir tdk berjalan  PAD nya nol rupiah demikian bg tks,” isi WA dari Zonny.

Sementara CH saat dikonfirmasi menyatakan, agar dipertanyakan pada pihak Dinas Perhubungan (Dishub).

“Terkait parkir, tanya saja kepada Dishubnya apakah saya pernah meminta agar saya mengelolanya. Saya tidak pernah meminta untuk mengelola parkir. tks,” tulis CH melalui WA.

Sebelumnya, Selasa (1/6/2021), sumber yang tidak ingin disebutkan namanya menuturkan, Wakil Bupati sudah ada belasan kali memanggil Kadishub. Sementara hal yang sama dilakukan CH.

“Sudah belasan kali dipanggil sama Wabup. Kalau CH yang panggil juga sudah berulang kali,” bebernya.

Tujuan keduanya memanggil Ronny Butar-Butar dalam rangka meminta sejumlah lahan parkir tepi jalan umum. “Mungkin supaya dikelola orang-orangnya, sebagai balas budi,” ungkap sumber.

Selain itu, untuk Wakil Bupati, lapak parkir tepi jalan umum yang diminta kurang lebih 4 titik. “Serbelawan, Pematang Bandar, Bandar Masilam dan Bosar Maligas,” papar sumber.

Sedangkan untuk CH, beberapa lapak parkir tepi jalan umum yang diminta di antaranya Perdagangan, Kecamatan Bandar dan Kecamatan Sidamanik.

“Tanya lah sama koordinatornya di Serbelawan si Niko dan di Sidamanik si Harun. Kalau begini kondisinya, lebih baik dipihak ketigakan pengelolaan parkir di Simalungun,” terang sumber.
Kadishub Ronny Butar Butar saat dikonfirmasi melalui telepon seluler mengatakan kepada wartawan, dirinya sedang rapat. “Lagi rapat di Raya,” katanya.

Terpisah, Harun selaku koordinator parkir tepi jalan umum di Kecamatan Sidamanik saat dikonfirmasi melalui telepon seluler membenarkan mengelola parkir.

“Selama sebagai koordinator, target yang dibebankan, saya penuhi dan tidak pernah ada permasalahan,” jelas Harun sembari mengaku, sudah 1 tahun sebagai koordinator parkir.

Disinggung informasi pengelolaan parkir tepi jalan umum akan diambil alih, Harun mengaku juga mendengarnya. “Informasinya memang ada seperti itu,” tukasnya. (Zai)