Lantamal I Belawan Laksanakan Peningkatan Kampung Bahari dan Vaksinasi di Pantai Labu

Kegiatan penaburan bibit ikan Siakap sebanyak 10.000 ekor.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Dalam rangka peningkatan Kampung Bahari Nusantara tahn 2021, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan melaksanakan kegiatan positif di masa pandemi Covid-19 pada masyarakat binaan potensi maritim, tepatnya di Desa Regemuk, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (25/8/2021).

Kegiatan itu dihadiri Komandan Lantamal I Belawan, Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono, Wakil Bupati, Muhammad Ali Yusuf Siregar, mewakili Dandim 0204/DS/ Danramil 23 Beringin, Wakapolres Deli Serdang, Camat Pantai Labu, Kapolsek Pantau Labu dan para pejabat terkait.

Kegiatan diawali dengan transit dan coffee morning di kantor Camat Pantai Labu. Dilanjutkan acara ceremonial pembukaan peningkatan Kampung Bahari Nusantara Lantamal I Belawan tahun 2021 di Desa Regemuk.

Kadispotmar Lantamal I Belawan, Mayor Laut (K) Kariadi memyampaikan, rangkaian kegiatan berupa serbuan Vaksin Covid-19 pada 300 orang warga, khusus wilayah pesisir Desa Regemuk.

“Lalu penanaman 8.000 batang pohon Mangrove, pembuatan kerambah, penaburan bibit ikan Siakap sebanyak 10.000 ekor beserta pemberian pakan  dan pembagian sembako 400 paket pada masyarakat nelayan,” sebutnya.

Danlantamal I Belawan dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatan 5 klaster, berupa peningkatan ekonomi nelayan, pendidikan masyarakat, kesehatan, hankam masyarakat dan wisata pesisir nelayan.

“Mari merubah persepsi masyarakar, jika laut adalah halaman belakang melainkan harus menjadi halaman depan. Banyak hal yang dapat dilakukan di laut,” paparnya.

Danlantamal juga berpesan agar masyarakat pesisir mempunyai kepedulian untuk menjadi mata dan telinga TNI AL dalam mengantisipasi dan menyampaikan segala bentuk ancaman dari laut.

Sementara itu Wakil Bupati menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Danlantamal I telah melakukan kegiatan maritim yang membantu masyarakat nelayan pesisir Desa Regemuk. Hal ini dinilai membantu peningkatan ekonomi masyarakat dalam situasi pandemi Covid-19.

Dalam pelaksanaan kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 yang ketat seperti memakai masker dan menjaga jarak dengan tidak bergerombol. Ini selalu dingatkan oleh personil Babinpotmar, Yonmarhan I dan Pomal yang ikut membantu dalam mengatur peserta vaksinasi. (Idris)