Lewat Aplikasi Zoom, Soekirman Ucapkan Selamat pada Pengurus Forjuba

Mantan Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Soekirman.

Jakarta, Lintangnews.com | Mantan Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Soekirman turut memberikan ucapan selamat atas deklarasi dan pelantikan pengurus Forum Jurnalis Batak (Forjuba) yang berlangsung di Gedung Sopo Marpingkir, Pulo Gebang, Jakarta, Kamis (9/12/2021).

Ucapan selamat itu disampaikan Soekirman melalui aplikasi zoom video conference. “Selamat atas kehadiran Forum Jurnalis Batak,” ucap Soekirman yang disambut tepuk tangan para hadirin yang menyaksikan layar video conference di Gedung Sopo Marpingkir.

Tak lupa, Soekirman menyampaikan filosofi Batak tentang hamoraon (kekayaan), hagabeon (keberhasilan), hasangapon (kehormatan) yang merupakan sebagian besar tujuan hidup atau cita-cita orang Batak.

Namun demikian, Lae Kirman sapaan akrab Soekirman mengajak untuk menilai syair pada lirik lagu “Alusi Au”, bahwa tersirat pula ada bermacam ragam tujuan hidup manusia. Bagi sebagian orang lagi yang penting namanya bisa menjadi terkenal atau mencari popularitas (dinadeba asalma tarbarita goarna tahe).

“Siapa yang bisa memberitakan semua kabarnya itu agar tersebar kemana-mana adalah jurnalis, atau istilah yang sekarang ini disebut platform digital,” paparnya.

Konten Kreatif

Pemilik startup youtube ‘Bincang Lae Kirman’ ini juga menyebutkan sejumlah jenis tanaman khas yang berasal dari tanah Batak seperti Andaliman, Harimonting, Sotul, Sanduduk dan Andaleat.

Menurutnya, di Tanah Batak banyak bahan-bahan obat farmakologi dari Sumber Daya Alam (SDA) tersedia melimpah.

Perkumpulan Forum Jurnalis Batak (Forjuba).

Untuk itu, cetusnya kemudian, jurnalis Batak harus memperbanyak konten-konten kreatif tentang kearifan lokal Batak agar semua informasinya dapat tersebarkan secara baik dan lengkap.

“Siapa yang memberitakan semua itu, kalau bukan jurnalis. Saya berharap Forjuba dapat memberitakan semua itu (kekayaan sumber daya alam tanah Batak),” ujarnya optimis.

Di akhir sambutannya, Lae Kirman mengungkapkan rasa suka citanya atas kehadiran Forjuba.

“Selamat kepada pengurus Forjuba. Horas jala gabe, bertemu jangan jenuh berpisah jangan gelisah. Terima kasih,” tutup Lae Kirman.

Untuk diketahui, sejumlah tokoh jurnalis dan tokoh masyarakat Batak menyambut hangat kehadiran Forjuba tersebut.

Mulai dari Elman Saragih, Ludin Panjaitan, Jansen Sinamo, Panusunan Simanjuntak, Ch Robin Simanullang, Hasudungan Sirait, Tony Rons Hasibuan, Jonro I Munthe, Darwin Situmorang, Laris Naibaho dan lainnya.

Ada juga sejumlah politisi, pejabat dan tokoh masyarakat Batak seperti Dr Hinca IP Pandjaitan XIII, Nikson Nababan (Bupati Tapanuli Utara), Soekirman (mantan Bupati Serdang Bedagai), Sintong M Tampubolon dan lainnya.

Pelantikan pengurus Forjuba ini ditandai dengan penyerahan bendera pataka oleh Ludin Panjaitan mewakili Dewan Penasihat Forjuba kepada Ketua Umum Forjuba, Jamida Pasaribu (wartawan senior) di Harian Sinar Indonesia Baru (SIB) didampingi Sekretaris Umum, Hotman J Lumbangaol, Bendahara Umum, Rifal Marbun, Wakil Ketum, Darwin Situmorang, Wakil Sekum, Edo Panjaitan dan Wakil Bendum, Mola Sitanggang. (Edo)