Limbah Ternak Lembu Mencemari Pemukiman Warga Kisaran Naga

Salah seorang warga menunjuk kotoran ternak yang mengalir mencemari pemukiman.

Asahan, Lintangnews.com | Warga Kelurahan Kisaran Naga, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan resah dengan kandang ternak lembu di pemukiman masyarakat, sebab limbah kotorannya mencemari lingkungan.

Seperti dikatakan Rahmad  (42) selaku warga sekitar mengeluh dengan adanya kandang ternak lembu itu. Ini karena kotorannya mencemari lingkungan, seperti menimbulkan bau tak sedap.

“Kalau air cucian kandang itu mengalir ke parit bahkan melimpah ke jalan, makanya menimbulkan bau tak sedap di sekitar lingkungan,” ungkap Rahmad sambil menunjukan air limbah kotoran hewan ternak, Kamis (17/12/2020).

Selain itu, pemukiman warga pun terlihat tidak bersih dan dikhawatirkan bisa menimbulkan bakteri mengakibatkan datangnya penyakit yang tidak diinginkan. “Sebelum ada korban menimpa warga seperti menimbulkan penyakit, lebih baik Pemkab Asahan bertindak,” ujarnya.

Dia meminta kepada pengusaha ternak, Hanafi Harahap agar memikirkan masyarakat sekitar. Pasalnya, usaha ternaknya bisa mengakibatkan kerugian warga sekitar. “Pengusahan jangan hanya mementingkan diri sendiri, pikirkan juga warga sekitar,” tukasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Kisaran Timur, Rahmad Hidayat Siregar didampingi Lurah Kisaran Naga, Dhanil Pasaribu mengatakan, akan berkordinasi dengan pihak pengusaha.

“Saya akan berkoordinasi dengan pihak pengusaha untuk mencari jalan keluarnya,” ujar Rahmad. (Heru)