Mahasiswa USU Peringati Hari Nelayan di Paluh Sibaji Pantai Labu

Foto bersama usai memperingati Hari Nelayan tahun 2022 di Pantai Putra Serdang.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Mahasiswa-mahasiswi Universitas Sumatera Utara (USU) Fakultas Pertanian Program Pendidikan Managemen Sumber Daya Perairan memperingati Hari Nelayan, bertempat di wisata bahari Pantai Putra Serdang/Serambi Deli, Desa Paluh Sibaji, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (21/5/2022).

Peringatan untuk mendukung mensejahterakan para nelayan itu dihadiri Sekretaris Desa (Sekdes) Paluh Sibaji, Hendri, Ketua Serikat Nelayan Deli Serdang (SNDS), Abdul Azis, Ketua Tim Mahasiswa USU, Rizky Alwi, pengelola pantai dan masyarakat.

Kegiatan dirangkai dengan bakti sosial (baksos) yakni, pemberian sembako kepada warga miskin, lomba mewarnai bagi anak-anak dan sosialisasi tentang Hari Nelayan.

Rizky Alwi menuturkan, kegiatan ini merupakan bagian memperingati Hari Nelayan. Pihaknya melakukan ‘ayo bergerak bersama’ untuk mensejahterakan para nelayan, khususnya di Desa Paluh Sibaji.

“Kegiatan kami isi dengan pembagian sembako dan lomba mewarnai untuk anak-anak dan mensosialisasikan tentang makna Hari Nelayan kepada masyarakat pesisir yang dibimbing dosen dari USU. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan kita dapat mendukung para nelayan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades), Nasri diiwakili Sekdes dalam sambutannya mengucapkan terima kasih pada mahasiswa USU yang telah menjadikan pantai di Paluh Sibaji sebagai tempat pelaksanaan Hari Nelayan, serta pemberian sembako dan sosialisasi kepada warga.

“Kami juga berharap, adik-adik mahasiswa dapat juga membawa harapan para nelayan di Desa ini ke tingkat Provinsi dan Pusat. Dimana masyarakat pesisir rentan menghadapi musibah banjir rob yang sering terjadi, sehingga menganggu aktivitas. Sering terjadi debit air laut sangat tinggi, sehingga merusakan tanggul yang ada,” kata Nasri yang baru saja dilantik sebagai Kades.

Sedangkan Abdul Azid mengapresiasi peringatan Hari Nelayan yang digelar mahasiswa USU. Sehingga warga pesisir, khususnya nelayan bangga karena pekerjaan itu (nelayan) diperingati juga di seluruh Indonesia. (Idris)