Melalui Haroan Bolon, Masyarakat Nagori Jawa Maraja Perbaiki Jalan Sepanjang 1 Km

Kegiatan haroan bolon di Nagori Jawa Maraja, Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi.

Simalungun, Lintangnews.com | Masyarakat Nagori Jawa Maraja, Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, Kabupaten Simalungun melaksanakan kegiatan haroan bolon (gotong royong) memperbaiki kerusakan jalan sepanjang 1 Km, Sabtu (31/7/2021).

Ada pun jalan yang diperbaiki masyarakat yakni jalan penghubung Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi dengan Hutabayu Raja yang dimulai dari Nagojor (depan kantor Camat Jawa Maraja Bah Jambi) sampai perbatan Kecamatan Hutabayu Raja.

Terlihat masyarakat bersama aparatur Kecamatan dan Nagori bersatu padu menutup lubang di badan jalan dengan material berupa batu padas dan pasir. Meskipun melaksanakan gotong royong, masyarakat juga menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Camat Jawa Maraja Bah Jambi, M Rasyid Sinaga mengatakan, kegiatan haroan bolon merupakan tindak lanjut dari program Gerakan Haroan Bolon Membangun Simalungun yang diprakarsai oleh Bupati, Radiapoh Hasiholan Sinaga.

“Kami dan masyarakat Jawa Maraja Bah Jambi mendukung program yang diinisiasi Bupati Simalungun, dengan sasaran utama yakni memperbaiki kerusakan jalan,” ujar Rasyid.

Menurut Rasyid, kegiatan ini sebelumnya juga sudah dilaksanakan di berbagai Nagori di wilayah Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, dengan sasaran utamanya memperbaiki kerusakan jalan.

“Program gerakan ini sangat positif, selain menghidupkan budaya gotong royong juga menciptakan rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan ditengah-tengah masyarakat untuk kemajuan bersama,” paparnya.

Dijelaskan Rasyid, kegiatan haroan bolon kali ini dilaksanakan di Nagori Jawa Majara yang sasarannya memperbaiki kerusakan jalan sepanjang 1 Km, dengan menutup lubang di badan jalan menggunakan material berupa batu padas sebanyak 75 truk dan pasir 28 truk.

“Ini semua berasal dari partisipasi masyarakat di Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi,” sebut Camat.

Selain itu, Rasyid menjelaskan, untuk memadatkan batu padas yang telah disusun masyarakat di lubang badan jalan menggunakan alat berat berupa Road Greader dan Bomag bantuan dari PTPN IV Bah Jambi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuannya dalam mendukung kegiatan haroan bolon ini,” ucapnya

Dalam kesempatan itu, Bupati melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemkab Simalungun, Wasin menghimbau kepada masyarakat agar tetap menerapkan prokrs dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari meskipun dalam melaksanakan kegiatan gotong royong.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Koordinator Haroan Bolon Kabupaten Simalungun Dapil 5, Staf Ahli Bupati Debora DPI Hutasoit, Kadis Kominfo, Wasin Sinaga, Camat Jawa Maraja Bah Jambi, M Rasyid Sinaga bersama para Pangulu, Manager PKS Bah Jambi, Rudi H Simatupang bersama Komer Purba dan Kepala Puskesmas Jawa Maraja Bah Jambi, Togi Arwan.

Kegiatan itu juga dihadiri Koordinator Gerakan Haroan Bolon Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, Surng Pangaribuan, Ketua Tim Haroan Bolon Nagori Jawa Maraja, Sumari, perwakilan Koramil Balimbingan dan tokoh masyarakat. (Rel/Zai)