Memprihatinkan, TPU Jalan Syech Hasan Dijadikan TPS

Lokasi TPU di Jalan Syech Hasan Lingkungan VII, Kelurahan Selawan, Kecamatan Kisaran Timur yang dijadikan tempat pembuangan sampah.

Asahan, Lintangnews.com | Kondisi Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Jalan Syech Hasan Lingkungan VII, Kelurahan Selawan, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan sangat memprihatinkan.

Dan disayangkan tempat yang seharusnyanya bersih tapi malah jadi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) secara sembarang bagi masyarakat.

Tidak semestinya tempat pemakaman dijadikan TPS. Sementara di areal sekitar pemakaman sudah tersedia TPS bagi masyarakat sekitar.

Salah seorang Tokoh masyarakat Tionghoa, Bustami menyayangkan kesadaran masyarakat dan diharapkan untuk membuang sampah pada tempatnya. Apalagi menurutnya, sudah tersedia tempatnya di sekitar pemakaman.

“Bertepatan pula lokasi itu adalah perkuburan yang sewaktu-waktu bisa didatangi peziarah ingin melaksanakan sembahyang leluhur. Ini jelas disayangkan lagi bagi peziarah yang datang dari luar Kota Asahan. Ini jelas tak sesuai citra Asahan yang visi misinya Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri (RSCM),” ungkapnya, Senin (8/10/2081).

Mengenai hal itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan, Tohap Hutabarat saat dikonfirmasi lintangnews.com mengatakan, setiap harinya sudah ada petugas yang membersihkan lokasi dimaksud.

“Namun sudah 2 hari ini ketepatan armada angkutan kita lagi rusak, jadi belum diangkat,” ujar Tohap.

Saat itu juga Tohap di hadapan awak media langsung menelpon petugas yang bertugas untuk menindaklanjuti mengangkut sampah-sampah itu.

“Kita sudah sediakan 2 bak tempat sampah disitu. Namun terkadang masyarakat saja yang masih membuang sampah di luar bak, bukan kedalam bak. Jadi tolong lah bagi masyarakat masyarakat, buang lah sampah pada tempatnya. Karena kita sudah menyediakan 2 TPS di areal pemakaman itu,” kata Tohap. (handoko)