Meriahkan HUT Pemkab Labuhanbatu, Lomba Dayung Sampan Digelar di Sungai Bilah Negeri Lama

113
Ilustrasi lomba dayung.

Labuhanbatu, Lintangnews.com | Dalam suasana memeriahkan Hari Jadi Pemkab Labuhanbatu ke 74, Muspika, Kepala Desa (Kades) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Kecamatan Bilah Hilir mengadakan rapat perlombaan dayung sampan, Selasa (5/10/2019) di ruang data kantor Camat setempat.

Pelaksanaan lomba dayung sampan setiap tahunnya ini bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemkab Labuhanbatu tetap dilaksanakan.

Ini mengingat sejarah Sungai Bilah tepat untuk dilaksanakan lomba dayung sampan. Pasalnya hampir 100 persen masyarakat disana mencari nafkah di Sungai Bilah Negeri Lama.

Ketua Panitia, Ahmad Fadhil menyampaikan, peserta diharapkan seluruh masyarakat Desa atau Kelurahan di Kecamatan Bilah Hilir. Sementara yang dilombakan kategori putri dan putra umur 18 tahun dan pandai berenang jenis sampan yang dilombakan

Lomba dayung 2 berdiri laki-laki, dayung 2 berdiri perempuan dan dayung 1 duduk laki-laki. Jenis sampan terbuat dari fiber dan kayu

Sementara hadiahnya kategori laki-laki dayung duduk 1 orang untuk juara I sebesar Rp 750.000, juara II Rp 500.000, juara III Rp 250.000 dan juara harapan I Rp 150.000.

Kategori laki-laki dayung 2 berdiri peserta 2 orang, untuk juara I Rp 1.000.000, juara II Rp 750.000, juara III Rp 500.000 dan juara harapan I Rp 250.000. Sementara putri dayung 2 untuk juara I Rp 1.000.000, juara II Rp 750.000, juara III Rp 500.000 dan juara harapan I Rp 250.000.

“Sumber dana dari pimpinan perusahaan dan donatur, dinas terkait, Kepala Desa (Kades), serta Lurah maupun partisipasi masyarakat. Kita sebagai panitia tidak ada memaksa kepada pihak yang berniat untuk membantu perlombaan dayung sampan di Sungai Bilah yang pelaksanaan kita rencanakan bulan November 2019″,” tutup Ahmad.

Camat Bilah Hilir, Bangun Siregar ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya mengatakan, perlombaan ini setiap tahunnya dilaksanakan untuk memeriahkan HUT Pemkab Labuhanbatu ke seluruh komponen kepanitian dengan melbatkan Uspika, Kades, Lurah, staf kantor Kecamatan dan Pemuda Pancasila Bilah Hilir.

“Pelaksanaan lokasi lomba dayung sampan di Sungai Bilah Kota Negeri Lama dan Kampung Nelayan, dengan rute sepanjang 1 km. Kita minta juga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Labuhanbatu sebagai pengamanan atau pengawalan para peserta,” paparnya.

Dirinya mengharapkan seluruh masyarakat Bilah Hilir melalui para Kades agar mengikuti perlombaan itu, walaupun sudah selesai acara puncak HUT Pemkab Labuhanbatu, namun masyarakat Bilah Hilir masih merayakannya dengan lomba dayung sampan dan perlombaan lainnya. (Sofyan)