Mirip ‘Melengserkan’ 27 Pimpinan OPD, Pemkab Simalungun Gelar Uji Kompetensi

Mirip ‘Melengserkan’ 27 Pimpinan OPD, Pemkab Simalungun Gelar Uji Kompetensi

Simalungun, Lintangnews.com | Pemkab Simalungun menggelar uji kompetensi jabatan tinggi pratama, Kamis (21/10/2021), bertempat di Balei Harungguan Djabanten Damanik perkantoran Bupati Simalungun di Pematang Raya.

Menurut sejumlah peserta saat ditemui makan siang di pekarangan perkantoran Bupati Simalungun menyebutkan, uji kompetensi untuk mengetahui sejauh mana potensi para pimpinan tinggi pratama (Kepala OPD).

“Kegiatan dibuka Bupati melalui Sekretaris Daerah (Sekda), Esron Sinaga. Katanya, merupakan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 yang diubah menjadi PP Nomor 17 Tahun 2020,” beber mereka.

Dijelaskan, sesuai pemaparan Sekda, jika uji kompetensi sudah mendapatkan persetujuan dari Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dengan nomor surat B-3567/KASN/10/2021 perihal Rencana Uji Kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Simalungun.

“Dan yang mengikuti hari ini adalah pimpinan OPD yang definitif. Pelaksana Tugas (Plt) kemungkinan lusa,” paparnya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD), Jamesrin Saragih yang kebetulan ada di lokasi mengatakan, kegiatan itu mirip uji kesetiaan seorang istri terhadap suami.

“Gak tau siapa panitianya. Yang mengikuti kegiatan hari ini yakni para pimpinan OPD yang definitif. Ada 27 orang peserta,” cetus pimpinan OPD lainnya. (Zai)

Baliho kegiatan uji kompetensi dipasang di Balei Harungguan Djabanten Damanik perkantoran Bupati Simalungun di Pematang Raya.