Munas Apkasi ke V, Bupati Taput Sampaikan Perihal Pendirian Untara pada Presiden

Bupati Taput, Nikson Nababan melakukan dialog singkat dengan Presiden Joko Widodo.

Taput, Lintangnews.com | Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan salah satu dari 27 orang Kepala Daerah yang tatap muka langsung dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada acara Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke V.

Sementara 389 orang Kepala Daerah lainnya mengikuti rapat melalui zoom meeting, Jumat (26/3/2021).

Pada pidatonya, Presiden menyampaikan bagaimana penanganan Kepala Daerah terhadap pandemi Covid-19 yang belum usai hingga kini dan masih terus ada di kalangan masyarakat.

“Selanjutnya konsolidasi anggaran yang menjadi skala prioritas dan perlunya kontrol terhadap distribusi vaksin pada masyarakat. Ini dikarenakan kuota vaksin saat ini masih terbatas dan bertahap agar dipastikan yang diutamakan adalah memiliki interaksi dan resiko tinggi,” ujar Jokowi.

Presiden juga meminta, agar memberikan pelayanan terbaik untuk semua hal yang berhubungan dengan ekspor dan investasi. Karena perekonomian bangsa saat ini tergantung pada sektor itu.

“Saya berharap agar program percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan prioritas program padat karya seperti Jalan Usaha Tani (JUT), drainase persawahan, rehab sekolah segera bisa dilakukan dan dikembangkan,” paparnya.

Di sela-sela usai rapat, Nikson mempergunakan kesempatan diskusi berupa dialog singkat dengan Presiden, terkait niat pendirian Universitas Tapanuli Raya (Untara) di Taput. Hal itu disambut baik dan mendapat apresiasi dengan ucapan selamat pada Nikson.

“Sebagai kepala daerah yang telah menyampaikan niatan berupa permohonan agar Untara bisa berdiri di Taput, saya bermohon doa dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, serta stake holder lainnya untuk proses selanjutnya,” sebut Nikson. (Pembela)