NII Crisis Center : Terduga Teroris Diamankan di Kantor Khilafatul Muslimin Lampung

54
Pendiri NII Crisis Center, Ken Setiawan.

Jakarta, Lintangnews.com | Pendiri NII Crisis Center yang merupakan mantan aktivis Negara Islam Indonesia (NII), Ken Setiawan enggan berkomentar lebih jauh terkait peristiwa penangkapan terduga teroris di Bandar Lampung.

Sebelumnya. pria terduga teroris berinisial NAS (45) yang diduga merupakan jaringan Abu Rara, pelaku penusukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, diamankan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri di Bandar Lampung.

Menurut Ken, informasi penangkapan terkait kasus terduga teroris adalah ranahnya Densus 88 Antiteror, dan bersifat rahasia. Untuk itu, dia meminta awak media untuk mengklarifikasi langsung dari Mabes Polri.

Namun demikian, Ken mengisahkan, peristiwa beberapa tahun lalu ditangkapnya pimpinan Khilafatul Muslimin Bandar Lampung, Mustofa Zailani terkait kasus meledaknya bahan peledak sejenis bom ikan di rumahnya (Mustofa) sendiri, yang tidak jauh dari kantor Polsek setempat.

“Jabatan Mustafa di Khilafatul Muslimin adalah sebagai Amir Wilayah Bandar Lampung, pemimpin yang menangani urusan umatnya dalam batas wilayah tersebut,” kata Ken melalui pesan WhatsApp (WA) kepada awak media, Selasa (15/10/2019).

Diakui Ken, memang banyak mantan NII yang kini bergabung di Khilafatul Muslimin. Salah satu yang menjadi tokohnya adalah Ustadz Hadi Salam, mantan petinggi NII Komandemen Wilayah 9 yang sekarang kabarnya sudah menjadi Pimpinan Khilafatul Muslimin Wilayah Indonesia Barat.

“Pergerakan Khilafatul Muslimin, tidaklah mempunyai jangkauan wilayah tertentu. Namun, luas jangkauan penyebaran dakwahnya bisa mencakup seluruh wilayah yang dapat dijangkau di belahan dunia,” ujar Ken menjelaskan.

Struktur Pergerakan Khilafatul Muslimin

  1. Khalifah yaitu orang yang menjabat sebagai pemimpin atau pengganti kepemimpinan pada sistem pemerintahan Islam (Khilafah Islamiyah). Khalifah mempunyai peranan yang sangat besar dalam menjalankan dakwahnya di seluruh negara.

Khalifah juga mengontrol kinerja yang ada di dalam negara-negara tertentu, yang telah menjadi bagian dari Daulah Islam.

Khalifah Khilafatul Muslimin sekarang adalah Ustadz Abdul Qadir Hasan Baraja. Pada 1985 ditangkap dan dipenjara selama 20 tahun karena terlibat peristiwa pengeboman Candi Borobudur.

Menurut terdakwa sebagaimana yang terungkap dalam persidangan, motivasi mengebom Candi Borobudur adalah sebagai tindakan balasan terhadap rezim Orde Baru di bawah pemerintahan Presiden Soeharto yang telah tega-teganya membunuhi umat Islam pada peristiwa Tanjungpriok tahun1984.

  1. Katib Sl-Khilafah yaitu wakil khalifah atau pun sekretaris khalifah yang membantu urusannya ketika khalifah sedang tidak berada di pusat pemerintahan.
  2. Mustasyar yaitu para penasehat khalifah yang dapat memberikan masukan ataupun saran, guna memberikan solusi atas permasalahan umat yang perlu dipecahkan secara bersama.
  3. Wuzara yaitu para menteri yang membantu khalifah dalam bidang yang telah ditentukan dan dibutuhkan pada saat tertentu. Adapun pada saat ketika penulis melakukan penelitian.

Terdapat sepuluh wuzara yang membantu khalifah dalam bidangnya masing-masing. Kesepuluh wuzara tersebut adalah:

a. Menteri Pendidikan dan Pengajaran

b. Menteri Pendataan Umat dan Inventaris

c. Menteri Keuangan

d. Menteri Perhubungan Sosial

e. Menteri Ekonomi dan Pemberdayaan Bidang Usaha

f. Menteri Pertahanan dan Keamanan

g. Menteri Olahraga dan Kesehatan

h. Pembantu Menteri Perhubungan Sosial di dalam Wilayah Jawa dan Madura

i. Pembantu Menteri Perhubungan Sosial dalam Wilayah Indonesia.

j. Internasional yaitu tugasnya membantu Menteri Perhubungan Sosial dalam skala Internasional.

  1. Amir Daulah adalah Pemimpin yang mengurusi urusan umat dalam batas teritorial negara-negara di dunia.
  2. Amir Wilayah adalah Pemimpin yang mengurusi urusan umatnya dalam batas wilayah Propinsi.
  3. Amir Ummil Qura’ adalah Pemimpin yang mengurusi urusan umatnya dalam batas wilayah Kotamadya ataupun Kabupaten.
  4. Mas’ul al-Ummah adalah Penanggungjawab umat yang berada dalam wilayah yang terkecil, semacam kelurahan/kabilah-kabilah.

“Pergerakan Khilafatul Muslimin dunia mempunyai pusat pemerintahan di Provinsi Lampung dan sudah tersebar di 15 Kabupaten/Kota,” tutup Ken. (Edo)