Nikson Nababan Berharap BLT Disisihkan Warga Taput untuk Modal Usaha

Launching penyaluran dana BLT pada warga 4 Kelurahan di Kecamatan Tarutung, Taput.

Taput, Lintangnews.com | Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, bersama Dandim 0210/TU, Letkol Czi Rony Agus Widodo, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Tatang Darmi dan Wakapolres, Kompol Mukmin Rambe launching Bantuan Lansung Tunai (BLT) Kelurahan bersumber dari APBD Kabupaten Taput, bertempat di halaman rumah dinas Bupati, Tarutung, Sabtu (30/5/2020).

Nikson bersama Forkopimda menyerahkan langsung BLT sebesar Rp 600.000 kepada warga di Kecamatan Tarutung yakni, Kelurahan Hutatoruan V, Kelurahan Hutatoruan VI, Kelurahan Hutatoruan IX dan Kelurahan Situmeang Habinsaran Kecamatan Sipoholon.

Penyaluran BLT pada warga 4 Kelurahan ini diatur sedemikian rupa untuk menghindari kerumunan massa.

“Momentum saat ini mengajak kita untuk lebih mengucapkan terima kasih kepada Tuhan serta berdoa meminta hikmat dan kebijaksanaan. Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah tidak tidur, semua kerja keras menghadapi masa pandemi Virus Corona (Covid-19) yaitu mengatasi korban terpapar, masyarakat terdampak perekononiannya serta dampak sosial. Bantuan ini bukan untuk seterusnya, sifatnya stimulan akibat pandemi sebagai penambah semangat,” ucap Bupati.

Nikson menyampaikan, agar para penerima BLT mampu menyisihkan sebagian dana itu sebagai modal usaha, walaupun secara kecil-kecilan.

“Saya berharap BLT ini dapat disisihkan sebagai modal usaha, bisa dengan beternak beberapa ekor ayam atau bebek dan berladang di pekarangan. Walaupun usaha kecil-kecilan, paling tidak kita bisa antisipasi kebutuhan pangan sendiri. Silahkan warga membuat kolam budidaya ikan, saya pastikan alat berat kita akan turun untuk mencetak kolam, termasuk diberikan bibit ikan,” tambah Bupati.

Pada kesempatan itu, Nikson juga menjelaskan gambaran umum ‘New Normal’. Menurutnya, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan membuka beberapa sarana umum secara bertahap sebagai persiapan tatanan baru atau ‘New Normal’, dimana kehidupan diatur dengan protokol kesehatan.

“Artinya kita harus siap berdamai dengan Virus Corona. Kita wajib pakai masker, jaga jarak, jangan berkerumun dan terapkan beberapa aturan pola hidup bersih dan sehat. Belum ada ditemukan vaksin untuk atasi virus itu. Salah satu obatnya adalah disiplin diri kita sendiri,” jelasnya.

Sementara Dandim juga berpesan agar bantuan ini tepat sasaran, termasuk memanfaatkan dengan baik. “Kepada seluruh Lurah, manfaat bantuan ini harus tepat sasaran, sehingga tidak menimbulkan konflik agar keamanan tetap terjaga,” ujar Letkol Czi Rony.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos), Irwan Hutabarat mengatakan, total jumlah penerima sebanyak 1.458 Kepala Keluarga (KK) dari 11 Kelurahan di Taput.

“Penyaluran BLT dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut mulai hari ini untuk 4 Kelurahan, besok bagi warga Kelurahan Siborong-borong. Hari Senin kembali di Kecamatan Tarutung, Selasa di Kelurahan Onan Hasang dan Kelurahan Sarulla,” ujarnya. (Pembela)