Ojek Online Let’s Go dan Karang Taruna Sumut Gelar Syukuran HUT ke 59 di Simalungun

Foto bersama dalam perayaan HUT Karang Taruna ke 59.

Simalungun, Lintangnews.com | Didukung Ojek Online Let’s Go, Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara bersama Karang Taruna Kabupaten Simalungun, menggelar acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Karang Taruna ke 59.

Ini sekaligus konsolidasi dan penguatan Organisasi Sosial (Orsos) Karang Taruna se Provinsi Sumatera Utara, Minggu (6/10/2019) di Home Base Let’s Go, Jalan Lintas Perdagangan-Mayang, Kelurahan Perdagangan I, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun.

Hadir dalam acara yang digelar secara sederhana itu, Ketua Karang Taruna Sumut, Dedi Dermawan Milaya, Ketua Karang Taruna Simalungun, Bonauli Rajagukguk, Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Simalungun, Frans Togatorop, Direktur PT Inspirasi Karya Bersama, Vina, Anggota DPRD Sumut, Iskandar Sinaga, Camat Bandar, Samsul, Kapolsek Perdagangan AKP Supendi, Ketua REI Indonesia Cabang Simalungun, Azi Pratama Pangaribuan, para Ketua Karang Taruna Kabupaten/Kota dan Ketua Karang Taruna Kecamatan se Kabupaten Simalungun.

Dalam sambutannya, Bonauli Rajagukguk menyampaikan, hingga saat ini walaupun pihaknya belum juga mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Pemkab Simalungun sebagaimana yang diamanahkan di dalam Peraturan Menteri Sosial (Permensos) Nomor : 77/HUK/2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna, Permensos Nomor 23 tahun 2013 tentang Pemberdayaan Karang Taruna dan Peraturan Gubernur Sumatera Utara (Pergubsu) Nomor 42 Tahun 2017 tentang Pemeberdayaan Karang Taruna, namun pihaknya terus berupaya menunjukan eksistensinya sebagai organisasi sosial mitra pemerintah untuk memberikan kemanfaatan bagi masyarakat, khususnya pemuda di Simalungun.

“Kami harapkan kedepannya, Pemkab Simalungun dapat memberikan perhatiannya kepada Karang Taruna. Karena tanpa dukungan penuh dari Pemkab Simalungun sebagai mitranya, tentunya Karang Taruna tidak dapat bekerja sepenuhnya dalam mendukung program-program pemerintah,” terang Bonauli.

Menurutnya, dengan kehadiran Ojek Online Let’s Go, diharapkan dapat menjadi partenership, baik khususnya dalam mengembangkan usaha-usaha ekonomi produktif masyarakat sebagai bentuk dari pemberdayaan masyarakat maupun sebagai driver-drivernya juga bisa menambah penghasilan bagi keluarga.

“Untuk itu Karang Taruna mendukung sepenuhnya kehadiran ojek online Let’s Go hadir di Simalungun,” ungkas Bonauli.

Menanggapi sambutan itu, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) diwakili Sekretaris Frans Togatorop menyampaikan, selaku pembina fungsi Karang Taruna Kabupaten Simalungun, pihaknya terus berupaya memberikan yang terbaik. Dan pihaknya memberikan apresiasi dengan terselenggaranya kegiatan syukuran HUT Karang Taruna ke 59.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Sumut, Dedi Dermawan Milaya memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara yang didukung oleh Ojek Online Let’s Go. Dirinya pun mengajak kepada para pengurus Karang Taruna terus memberikan karya-karya nyatanya dalam menunjukan eksistensinya ditengah-tengah masyarakat.

“Pentingnya basis data Karang Taruna hingga tingkat pedesaan di Sumatera Utara dapat menjadi kajian dasar dalam penanganan masalah-masalah kesejahteraan sosial di daerah. Untuk itu, Karang Taruna Sumut nantinya akan menyiapkan sistem aplikasi dalam mendukung data Karang Taruna dengan basis teknologi,” sebut Dedi Dermawan.

Dalam menanggapi belum sepenuhnya Karang Taruna mendapatkan dukungan dari Pemkab Simalungun, Dedi Dermawan merasa prihatin. Dirinya berharap kepada Bupati, JR Saragih dapat memberikan apa yang dibutuhkan Karang Taruna sebagai mitranya dalam mendukung program program kerja Pemkab Simalungun.

Dirinya juga menghimbau kepada seluruh warga Karang Taruna menjadi pelopor kewirausahaan pemuda untuk mengembangkan diri. Untuk itu pentingnya Karang Taruna di tingkat Desa dan Kecamatan dapat terus bersinergi dan berdampingan dengan pemerintah dalam menggali potensi-potensi di Desa, khususnya di Kabupaten Simalungun. Dedi Dermawan menuturkan, dengan kehadiran Ojek Online Let’s Go dapat memberikan nilai lebih dengan bekerja sama Karang Taruna.

“Saya akan memberitahukan kepada para pengurus Karang Taruna Kabupaten/ Kota lainnya tentang Ojek Online Let’s Go ini,” kata Dedi Dermawan.

Direktur Utama PT Inspirasi Karya Bersama sebagai pemilik aplikasi Ojek Online Let’s Go, Vina mengatakan, pihaknya dari awal sudah melibatkan Karang Taruna yakni Karang Taruna Kecamatan Bandar dalam menjalankan roda bisnisnya.

Dengan harapan, agar kedua belah pihak dapat saling menguntungkan. Pertimbangan itu dari awal dilakukan pihaknya, karena Karang Taruna merupakan bagian terpenting di suatu daerah.

“Untuk itu kami mengajak Karang Taruna se Sumut untuk bergabung dan bekerjasama. Kami siap berada di daerah-daerah lain selain di Kabupaten Simalungun,” tandas Vina. (rel/zai)